Selasa, 09 Juli 2024

Tingkatkan Ketahanan Pangan di Sektor Perikanan, Babinsa Bersama Forkopimcam Tabur Benih Ikan Lele


Cilacap - Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan tahun 2024, Serma Dasiman Babinsa Koramil 14/Cimanggu, Kodim 0703/Cilacap, menghadiri kegiatan penaburan benih bibit ikan lele di area kolam Dusun Cikadu, Desa Panimbang, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Senin (08/07/2024).

Budidaya ikan lele tersebut bertujuan untuk dapat mengantisipasi inflasi naiknya harga barang dan jasa secara umum, sehingga hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kondisi perekonomian masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Cimanggu.

Tampak hadir dalam kegiatan penaburan benih ikan lele tersebut Camat Cimanggu Bambang Tutuko, S.Sos.,M.Si., Seksi Kesejahteraan Rakyat Sri Nani, S.Kep., Kades Panimbang Jatmiko, Babinsa Koramil 14/Cimanggu Serma Dasiman, Bhabinkamtibmas Polsek Cimanggu Bripka Wahyudin, Kelompok Tani Ikan Lele Desa Panimbang dan warga masyarakat Desa Panimbang.

Serma Dasiman menyampaikan bahwa, budidaya ikan lele tersebut dalam rangka mendukung peningkatan ketahanan pangan dan mengantisipasi adanya dampak dari inflasi perekonomian secara global saat ini.

"Kami berharap kegiatan ini dapat menginspirasi masyarakat demi meningkatkan perekonomiannya, serta mampu memberikan nilai tambah untuk kebutuhan sehari-hari," ungkapnya.

Babinsa saat ini terus berupaya mendukung program ketahanan pangan di berbagai sektor, selain sektor pertanian, juga memanfaatkan lahan tidur yang ada untuk menjadi lahan produktif dan menghasilkan, agar dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat.

"Mari kita senantiasa bekerja sama dan terus berusaha, demi meningkatkan penghasilan, agar taraf hidup meningkat dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai," pungkas Serma Dasiman.

Sementara itu, Camat Cimanggu Bambang Tutuko, A.Sos.,M.Si., mengatakan bahwa, melalui kegiatan budidaya ikan lele tersebut, dengan harapan dapat mengedukasi masyarakat untuk ikut serta dalam mensukseskan program ketahanan pangan secara Nasional," ungkapnya.

"Kita berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat memacu warga masyarakat untuk ikut berbudidaya ikan lele atau jenis ikan yang lainnya, karena selain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, kegiatan ini juga untuk pelestarian sumber daya hayati dalam istilah perikanan," ujarnya.

"Saya berharap kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan di Desa Panimbang saja, akan tetapi di seluruh Desa se Kecamatan Cimanggu," pungkas Camat.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan aman, serta diakhiri dengan penaburan benih secara simbolis oleh Forkopimcam sebanyak 8000 ekor benih ikan lele.

(R14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar