Selasa, 05 Desember 2023

Babinsa Koramil 14/Cimanggu, Hadiri Sosialisasi Teknologi Tepat Guna Bidang Pertanian


Cilacap - Babinsa Koramil 14/Cimanggu Kodim 0703/Cilacap Koptu Eko Daryoto, menghadiri acara sosialisasi Teknologi Tepat Guna (TTG) oleh Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL) yang bertempat di Balai Desa Kutabima, Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Selasa (05/12/2023)

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Camat Cimanggu Bambang Tutuko, S.Sos.,M.Si., Kasi Tata Pemerintahan Samsul Arifin, S.IP., Babinsa Koramil 14/Cimanggu Koptu Eko Daryoto, Penyuluh Pertanian Kecamatan Cimanggu Retno Ningsih dan Nur Hasanah, Kades Kutabima Hasan, Kepala Dusun, RT RW dan warga masyarakat Desa Kutabima sebanyak 35 orang.

Dalam sambutannya, Camat Cimanggu Bambang Tutuko, S.Sos.,M.Si., mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengaplikasikan teknologi tepat guna yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang pertanian.

"Saya berharap kepada seluruh warga masyarakat yang hadir untuk mencermati apa yang disampaikan oleh pemateri atau penyuluh pertanian, agar paham, sehingga dapat diaplikasikan pada saat mengolah lahan pertanian," ujarnya.

"Hal ini sangat penting guna terciptanya kesejahteraan para petani serta meningkatnya produksi pertanian, kita akan bersinergi dengan semua pihak terkait, guna pencapaian sasaran tersebut," harap Camat.

Di Sela sela kegiatan, Koptu Eko Daryoto mengatakan bahwa, tujuan kegiatan ini lebih ke pemahaman dan pengenalan para petani dalam penggunaan Pestisida secara tepat, yaitu tepat pestisida, tepat sasaran, tepat cara, tepat dosis dan tepat waktu.

"Kita berharap dengan kegiatan ini menambah pengetahuan dan memberikan dampak positif pada peningkatan produktivitas pertanian demi kemajuan desa, "pungkas Babinsa.

Di tempat berbeda, Kapten Inf Wahyulianto membenarkan adanya kegiatan ini, Keterlibatan Babinsa dalam kegiatan seperti ini, menunjukkan komitmen yang kuat untuk mendukung perkembangan masyarakat setempat dalam hal ketahanan pangan, sebagaimana yang dicanangkan oleh Pemerintah.

"Selain itu, kegiatan seperti ini, dapat menjalin kemitraan yang erat, antara TNI dengan segenap elemen masyarakat dalam upaya mencapai kemajuan bersama," pungkas Danramil.

Warga masyarakat yang hadir sangat antusias dengan adanya sosialisasi teknologi tepat guna ini, dengan demikian warga akan paham tentang tata cara penggunaan pestisida, penanaman dan pengolahan lahan pertanian dengan benar dan tepat.

Kegiatan pun berjalan dengan lancar aman dan kondusif, serta diakhiri dengan penyerahan bibit padi infari 32 kepada para petani.

 

(R14)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar