Rabu, 06 Desember 2023

Sukseskan Swasembada Pangan, Babinsa Dampingi Petani 


Cilacap - Dalam upaya mensukseskan program swasembada pangan tidak hanya terbatas pada komoditas padi, melainkan juga pada komoditas jagung dan kedelai. Tiga komoditas pangan strategis ini dikenal dengan sebutan Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai).

Mengingat pentingnya dalam mencapai keberhasilan peningkatan produktivitas tanaman jagung, Babinsa Koramil 14/Cimanggu dari jajaran Kodim 0703/Cilacap Serma Sudarto, turun langsung melaksanakan pendampingan Kelompok Karya Tani, yang sedang melaksanakan penanam benih jagung unggulan dua tongkol dari PT Genta Pasuruan, yang bertempat di lahan Perkebunan PTPN IX Kebun Kawung Desa Karangreja, Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Selasa (05/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Serma Sudarto mengungkapkan bahwa untuk mencapai hasil optimal, pada setiap tanaman pangan dibutuhkan beberapa faktor, diantaranya tanah yang subur, pengolahan lahan yang baik, benih yang unggul, ketersediaan air yang cukup, perawatan, pemupukan yang berimbang, tepat dosis dan jenis.

"Setelah penanaman, perawatan dan pemupukan tanaman jagung adalah hal terpenting untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan pengecekan dan pendampingan secara rutin dan intensif, maka pertumbuhan tanaman jagung akan semakin bagus dan diharapkan panen jagung juga akan semakin meningkat,” ungkapnya.

Di tempat terpisah Kapten Inf Wahyulianto mengatakan bahwa, pendampingan Babinsa yang dilakukan terhadap petani dalam penanaman jagung bertujuan untuk membantu sekaligus memotivasi para petani di wilayah binaan dalam meningkatkan produktivitas tanaman jagung.

"Dengan adanya pendampingan dan motivasi dari Babinsa, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas saat panen tiba, yang dengan sendirinya akan menambah penghasilan para petani," ujar Danramil.

Sementara itu Satiman (45) salah satu anggota Kelompok Karya Tani Desa Karangreja mengatakan bahwa, dengan adanya pendampingan dan motivasi dari Babinsa, dirinya dan rekan-rekan Kelompok Tani lainnya sangat bersemangat dalam bekerja, sehingga diharapkan kualitas dan hasil panen nantinya akan memenuhi target yang diharapkan.

"Dengan motivasi dan masukan tentang menanam, merawat jagung yang baik dan benar oleh Pak Babinsa, diharapkan tanaman jagung kami nantinya mendapatkan hasil panen yang memuaskan," pungkas Satiman.

 

(R14)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar