Kamis, 04 Mei 2023

Kodim 0703 Cilacap Pantau Perkembangan Tanaman Padi di Desa Maos Kidul


Cilacap - Upaya mendukung program ketahanan pangan nasional dalam mewujudkan kedaulatan pangan khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap, Kodim 0703 Cilacap melalui Koramil 07 Maos melaksanakan kegiatan non Program Ketahanan Pangan di areal sawah Desa Maos Kidul, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap.

Langsung dari lokasi di Areal Sawah Desa Maos Kidul, pada Kamis (04/05/2023) Batuud Koramil 07 Maos Serma Darsono meninjau langsung tanaman padi yang saat ini berusia 14 hari.

Diketahui Kodim 0703 Cilacap bersama kelompok tani Desa Maos Kidul telah melaksanakan penanaman padi pada 26 April 2023, dan saat ini kondisi sangat baik, perkembangan tanaman subur dengan ketinggian sekitar 15 cm.

Dijelaskan Serma Darsono bahwa Program Ketahanan Pangan Kodim 0703 Cilacap di wilayah Kecamatan Maos berlokasi di Areal Sawah Desa Maos Kidul, demlot diatas lahan seluas 2 hektar milik Kelompok Tani setempat.

"Kegiatan ini juga menggandeng berbagai pihak baik Dinas Pertanian maupun kalangan akademisi sebagai media untuk penelitian, dimana kita menggunakan varietas baru jenis Protani Inpago, yang akan diaplikasikan di lahan demlot yang kita siapkan," jelasnya.

Lebih lanjut, pemilihan lokasi kegiatan Program Ketahanan Pangan di Desa Maos Kidul dinilai sangat tepat, mengingat wilayah Maos secara umum merupakan produsen padi terbesar di Kabupaten Cilacap dengan provitas yang cukup besar untuk komoditas padi.

"Keberhasilan pertanian di wilayah ini tentunya didukung dengan sistem irigasi yang terintalasi dengan baik sehingga memungkinkan petani dapat menanam padi sepanjang tahun atau bisa melakukan masa tanam sampai 3 kali," imbuhnya.

(Oke)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar