Selasa, 23 Mei 2023

Penuhi Kebutuhan Darah, Babinsa Ikuti Donor Darah Rutin 3 Bulanan


Cilacap - Guna memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Cilacap, Babinsa Koramil 09/Kawunganten Serka Sodirin bersama Dinas/Instansi, Pelajar dan Masyarakat mengikuti kegiatan donor darah rutin 3 bulanan yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Kawunganten, Selasa (23/5/2023).

Koordinator Penyuluh KB, PP dan PA Kecamatan Kawunganten yang sekaligus Pengurus PMI Kec. Kawunganten Bidang donor darah Drs. Masngudi dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiatan donor darah rutin 3 bulanan dilaksanakan di Kecamatan Kawunganten dengan mengundang pendonor dari Dinas/Instansi, Perangkat Desa, Siswa dan masyarakat. 

Dari 63 orang pendaftar, Alhamdulillah bisa terlayani 50 orang dan tidak bisa terlayani sebanyak 13 orang karena beberapa kendala. "Semoga kedepan semakin banyak masyarakat yang sadar untuk mendonorkan darahnya sehingga kebutuhan darah di Kabupaten Cilacap dapat terus terpenuhi," harapnya.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, Babinsa Koramil 09/Kawunganten Serka Sodirin mengatakan bahwa selain untuk memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Cilacap, dengan donor darah menjadikan tubuh kita lebih sehat karena sel darah merah terjadi regenerasi.

"Dengan melakukan donor darah, sel darah merah kita akan berkurang akibatnya tubuh akan melakukan regenerasi lebih cepat untuk menghasilkan sel darah merah yang baru dan lebih muda untuk mencukupi kebutuhan," ucapnya.

Disamping dampak negatif yang mungkin terjadi, Donor darah lebih banyak dampak positifnya asal dilakukan dengan standar dan persyaratan donor darah secara benar sehingga hal tersebut harus terus dikampanyekan mengingat kebutuhan akan darah yang selalu ada setiap hari. 

"Hal itu tentunya menjadi tanggung jawab bersama untuk terus menjaring pendonor darah baru termasuk didalamnya peran Babinsa," tegasnya.

Selain Babinsa, tampak hadir dalam kegiatan tersebut Sekcam Kawunganten Atiah Mariani, SH. MH, Kapolsek Kawunganten AKP Setyo Nugroho, SH. MM, Perwakilan dinas/instansi se Kecamatan Kawunganten, Koordinator Penyuluh KB, PP dan PA Kawunganten sekaligus Pengurus PMI Kawunganten Bidang donor darah Drs. Masngudi beserta anggota, Petugas PMI Kabupaten Cilacap, Guru, Perwakilan siswa SMK Yos Sudarso Kawunganten dan masyarakat.

 

(R09)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar