Senin, 16 September 2024

Bahu Jalan Penghubung Dua Desa Longsor, Babinsa Jambusari Sigap ke Lokasi


Cilacap - Akibat hujan semalaman, bahu jalan yang menghubungkan Desa Jambusari dengan Desa Karangkemiri Kecamatan Jeruklegi longsor. Longsoran tanah diperkirakan mencapai 15 meter dan lebar 3 meter.

Terkait kejadian tersebut, Babinsa Jambusari Koramil 02/Jeruklegi Serma Sutardi bersama perangkat desa setempat langsung mengecek lokasi terjadinya tanah longsor yang tepatnya terjadi di Dusun Karang Anyar, Desa Jambusari, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Minggu (15/09/2024).

Kepala Dusun Karang Anyar Supriyadi mengungkapkan, awal mula terjadinya bahu jalan longsor bermula ketika terjadi hujan ringan pada hari Rabu tanggal 11 September 2024 sekira pukul 23.00 Wib sampai pagi hari sehingga tanah penahan bahu jalan mengalami retakan.

"Awalmulanya retak namun lama kelamaan karena terus terkikis air dan tidak mampu menahan, akhirnya tanah bahu jalan longsor sepanjang kurang lebih 25 meter dan lebar 3 meter," ungkap Supriyadi.

Pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak terkait termasuk kepada Babinsa agar kedepannya ada perbaikan jalan sehingga longsor tidak melebar ke jalan.

"Kami mengharapkan adanya bantuan bronjong kawat untuk nantinya dibuat tanggul penahan sehingga diharapkan longsor tidak melebar ke jalan," Imbuhnya

Sementara itu terkait keamanan para pengguna jalan, Babinsa menambahkan bahwa sebelum ada penanganan lebih lanjut, untuk saat ini warga sangat membutuhkan rambu jalan karena lokasi jalan menikung dan sempit.

"Untuk menunggu penanganan lebih lanjut, warga membutuhkan rambu jalan karena lokasi jalan menikung dan juga sempit, ini berbahaya untuk keselamatan para pengguna jalan yang lewat," ungkap Serma Sutardi.

(R02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar