Selasa, 10 September 2024

Tanamkan Cinta Tanah Air, Ini yang dilakukan Koramil 02 Jeruklegi


Cilacap - Memasuki hari kedua pelaksanaan kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan), Anggota Koramil 02/Jeruklegi yang dipimpin Serka Budi Suwantoro memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada Siswa/i SMA IT Nurul Ihsan bertempat di Aula SMA IT Nurul Ihsan, Jln. Sawo Desa Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Selasa (10/9/2024).

Sebelum pemberian materi Wasbang, para anggota dari Koramil 02/Jeruklegi ini juga memantapkan dan mengevaluasi beberapa materi materi yang telah dilatihkan termasuk tambahan kegiatan outbound guna memupuk kerjasama, kekompakan dan kebersamaan dalam sebuah kelompok 

Salah satu yang diajarkan selama kegiatan ini adalah materi wawasan kebangsaan. Wawasan Kebangsaan menurut tulisan Bambang Yuniarto, wawasan kebangsaan dimaknai sebagai cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya dalam mengekspresikan jati diri berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

"Wawasan kebangsaan sangat penting kita berikan kepada para generasi muda agar mereka memiliki karakter disiplin, berwawasan kebangsaan karena di pundak para generasi muda masa depan bangsa indonesia kita pertaruhkan," jelas Sertu Urip Ashari, salah satu pemberi materi. 

Sertu Urip menerangkan, Wawasan kebangsaan juga dianggap sebagai pembeda bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lainnya. Karena wawasan ini mencerminkan sifat persatuan dan kesatuan yang sepatutnya dimiliki oleh setiap warga negara.

"Adapun materi wawasan kebangsaan yang diajarkan kepada siswa meliputi wawasan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, Nasionalisme. Melalui kegiatan ini, diharapkan menumbuhkan rasa bela negara dan cinta tanah air dalam diri di tengah derasnya ancaman proxy war yang melanda,” terangnya.

Terkait pelatihan yang diberikan oleh prajurit TNI dari Koramil 02/Jeruklegi, K. Esy Mumpuni, S.Pd., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Koramil yang telah menurunkan anggotanya dan memberikan pelatihan kepada para siswa siswinya. Dia berharap, kerjasama ini akan terus berkesinambungan agar para siswanya memiliki sikap disiplin yang tinggi sehingga terbentuk menjadi generasi yang handal dan berkarakter.

"Tentunya kami mengucapkan terima kasih kepada Koramil 02/Jeruklegi yang telah memberikan pelatihan dalam kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan. Harapan kami, semoga kerjasama ini terus berkesinambungan dan terjalin dengan baik," Ucapnya.

(R02/pen)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar