Senin, 19 Juni 2023

Babinsa Berikan Materi Pertolongan Pertama Dilapangan Pada Siswa MTs Negeri 3 Cilacap


Cilacap - Babinsa Kawunganten Lor Koramil 09/Kawunganten Serda Aji Dwi Priyanto, A.Md. Ft berikan materi Pertolongan Pertama Dilapangan (Longmalap) dalam kegiatan Pelatihan Pembinaan dan Pengembangan Kepribadian Peserta Didik yang diikuti calon pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM), Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR) dan petugas Patroli Keamanan Madrasah (PKM) MTs Negeri 3 Cilacap yang dilaksanakan di Halaman MTs Negeri 3 Cilacap Jln. Tegalsari Desa Kawunganten Lor Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Senin (19/6/2023).

Dalam kegiatan tersebut dijelaskan tentang peralatan yang bisa digunakan dalam pertolongan pertama dilapangan diantaranya penggunaan tandu, kain mitela, cara penggunaan tabung oksigen dan cara menolong korban pingsan.

"Prinsip dalam pertolongan pertama dilapangan yaitu Kompak, Koordinasi, Ketepatan dan Kecepatan," Jelas Serda Aji Dwi Priyanto.

Lebih lanjut, dirinya juga menjelaskan bahwa dengan dibekali materi Longmalap bagi siswa khususnya yang tergabung dalam PMR maupun Pramuka diharapkan mampu melakukan pertolongan pertama dengan tepat sebelum mendapat perawatan intensif dari petugas medis yang lebih berwenang. Hal itu tentunya diawali dengan mengenal fungsi dan tujuan alat-alat yang bisa digunakan dalam menolong korban.

"Harapannya dengan kegiatan semacam ini dapat memberikan pengetahuan dan ilmu kesehatan kepada siswa sehingga bisa di gunakan untuk diri sendiri, keluarga dan orang lain yang membutuhkan pertolongan,"harapnya.

 

(R09)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar