Kamis, 01 Juni 2023

Penataan Jalan Lingkungan, Babinsa Bersama Warga Melaksanakan Kerja Bakti


Cilacap - Babinsa Bulaksari Koramil 09/Kawunganten Serka Sodirin bersama warga masyarakat Dusun Jakatawa melaksanakan kegiatan kerja bakti pembuatan talud yang berlokasi di Dusun Jakatawa RT 5 RW 10 Desa Bulaksari Kecamatan Bantarsari, Kamis (1/6/2023).

Kepala Dusun Jakatawa Samino kepada Babinsa dalam penjelasannya mengatakan bahwa penataan jalan lingkungan dengan pembuatan talud bertujuan untuk menahan tanah yang digunakan sebagai jalan agar tidak mudah terkikis air hujan maupun terjadi longsor di samping itu juga agar jalan terlihat lebih rapi dan mudah untuk dilalui. Hal itu tentunya sesuai dengan fungsi talud yaitu untuk menahan tanah yang terletak di belakangnya, melindungi kondisi tanah di depannya, dan mencegah timbulnya bahaya longsor.

Ada sekitar 250 meter yang nantinya akan kita talud dan semuanya di biayanya secara swadaya oleh masyarakat RT 5 RW 10 yang merantau keluar daerah, untuk pekerjaan dilaksanakan secara gotong royong tiap hari 5 hingga 7 orang kecuali tenaga ahli yaitu tukang batu.

"Dana yang terkumpul sekitar Rp. 20.000.000,- dan pelaksanaannya kita swadaya tenaga setiap hari bergiliran," jelasnya.

Selaku Kepala Dusun, Samino juga berharap agar kegiatan serupa bisa dilaksanakan di RT lain, tidak hanya mengandalkan bantuan Pemerintah apalagi Desa Bulaksari termasuk Desa besar dan luas sehingga butuh anggaran pembangunan yang lebih besar pula, untuk itu butuh peran serta dan kepedulian warganya baik yang merantau maupun yang tinggal di Desa.

Usai mengikuti kegiatan kerja bakti, Babinsa Bulaksari Serka Sodirin juga berharap agar semangat bergotong royong dapat terus ditingkatkan baik gotong royong dalam bentuk dana (uang) maupun swadaya tenaga dan swadaya lainnya seperti memberikan makanan dan minuman untuk yang bekerja.

"Semoga kolaborasi ini dapat terus dilaksanakan dan harapannya ditingkatkan sehingga pemerataan pembangunan di tingkat terbawah yaitu RT dapat segera terwujud," harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut  Kades Bulaksari Sutarto, Babinsa Bulaksari Serka Sodirin, Kadus Jakatawa Samino beserta Ketua RT 5 RW 10 Makmun dan Perwakilan warga.

 

(R09)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar