Selasa, 27 Juni 2023

Dandim Cilacap Hadiri Peringatan Hari Keluarga Nasional Tahun 2023


Cilacap - Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P beserta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Dim Cilacap Ny. Dinda Andi Yuliazi menghadiri peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke - 30 tingkat Kabupaten Cilacap dengan tema “Menuju Keluarga Bebas Stunting Untuk Indonesia Maju” bertempat di Pendopo Wijaya Kusuma Cakti Jl. Jend. Sudirman No. 32 Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Selasa (27/6/2023).

Di tengah berbagai persoalan bangsa yang dihadapi, kasus stunting yang masih tinggi menjadi ancaman serius dalam menciptakan generasi bangsa yang berkualitas. Karena selain mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan, stunting juga mempengaruhi pertumbuhan otak anak.

”Edukasi dalam keluarga menjadi hal yang penting dilakukan dalam upaya percepatan penurunan stunting”, kata Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Dian Arinda Murni saat mewakili Pj. Bupati Cilacap dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke – 30, di Pendopo Wijayakusuma Cakti.

Sejauh ini capaian program Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di Kabupaten Cilacap cukup baik. Pada tahun 2022, angka kelahiran total/total fertility rate (TFR) tercatat sebesar 1,92 dari target 2,34.

Angka ini melampaui angka provinsi yakni 2,09 dengan angka kelahiran kasar/crude birth rate (CBR) 13,13 dan jumlah kelahiran 26,454. Dengan kata lain, di Kabupaten Cilacap ada 75 kehidupan/kelahiran per hari.

Dalam rangka pengendalian penduduk, Pemkab Cilacap telah mengeluarkan berbagai kebijakan terukur, mulai dari program Bangga Kencana sampai dengan Kampung KB sebagai episentrum program KB bersama mitra kerja.

Terkait penanganan stunting, Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 mengamanatkan penurunan prevalensi stunting pada angka 14% pada 2021. Sedangkan di Kabupaten Cilacap, prevalensi stunting tahun 2021 sebesar 17,9% dan turun menjadi 17,6% pada 2022.

Percepatan penurunan stunting di Kabupaten Cilacap dilaksanakan sesuai SK Bupati tentang pembentukan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang didukung 1.398 Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang beranggotakan 4.194 orang se-Kabupaten Cilacap.

“Penanganan stunting saat ini tidak hanya menangani balita stunting, namun dimulai dari hulu. Ibu hamil harus benar-benar sehat. Tidak kurang umur, tidak kekurangan energi kronis atau anemia, agar tidak melahirkan bayi stunting”, tegasnya.

Peringatan Harganas ke – 30 Tahun 2023 tingkat Kabupaten Cilacap bertema “Menuju Keluarga Bebas Stunting untuk Indonesia Maju”. Melalui peringatan ini, Sekretaris Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Kabupaten Cilacap, Farid Rijanto berharap peran stakeholder dan tokoh masyarakat dalam pembangunan keluarga dapat ditingkatkan.

Kegiatan ini diikuti 250 orang dari unsur Forkopimda beserta istri, pejabat di lingkungan Sekretariat Daerah, kepala OPD/dinas instansi terkait, karyawan Dinas KBPPPA Kabupaten Cilacap, penyuluh KB dari 24 kecamatan, serta perwakilan Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dari 24 kecamatan.

Pada kesempatan ini, panitia menyerahkan hadiah dan penghargaan untuk juara lomba dalam rangka Harganas 2023. Peringatan Harganas juga diisi dengan seminar kesehatan bertema ”Gizi Seimbang Kehamilan dan Pencegahan Stunting” dengan narasumber dari Rumah Sakit ”JIH” Purwokerto, dr. Joriandhita Surya Ramadhan, spesialis gizi klinik.

Tampak Hadir Pj. Bupati Cilacap dalam hal ini diwakili oleh Ibu Dian Arinda Murni, S.H., M.M, Danlanal Cilacap Kolonel laut (P) Bambang Subeno, M.Tr. Hanla., M.Si beserta lbu, Dandim 0703/Cilacap Letkol lnf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P beserta Ketua Persit KCK Cab XVIII Ny. Dinda Andi Yuliazi, Kompol Arif Budi Haryono, S.H (Kabag Logistik Polres Cilacap) beserta lbu, Purwanto, S.T (Plt. Ketua DPRD Cilacap), Ani Safrina Simanjuntak, S.H., M.H (Hakim Pengadilan Negeri Cilacap), Turino Sudarso, S.H (Kepala Sub bagian Pembinaan Kejari Cilacap), Farid Riza (Sekertaris Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap), Perwakilan lbu - Ibu TP PKK Kabupaten Cilacap, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Cilacap, Cabang Muslimat NU Kabupaten Cilacap, Daerah Aisyiyah Kabupaten Cilacap, Penyuluh KB dan Perwakilan PPKBD seKabupaten Cilacap dan para tamu undangan lainnya.

(dn/kominfo/pendim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar