Kamis, 02 Mei 2024

Dandim Cilacap Dampingi Sekjen Kementan RI Tinjau Perluasan Areal Tanam


Cilacap - Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P., dampingi kunjungan kerja Sekjen Kementerian Pertanian RI Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc., di area persawahan Desa Bunton Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Kamis (02/05/2024).

Kedatangan Sekjen Kementan beserta rombongan dalam rangka meninjau lokasi PAT (Perluasan Areal Tanam) di area persawahan sekaligus meninjau sistem pompanisasi lahan pertanian di wilayah tersebut, dilanjutkan tatap muka dengan para anggota Gapoktan Karya Tani, Makaryo Tani, Sri Margi Tani, Tani Makmur, Margi Tani, Ngudi Rejeki, Tani Amanah, Ngudi Tani, Sumber Rejeki, Desa Bunton.

Dalam tatap muka Sekjen Kementerian Pertanian RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan Perluasan Areal Tanam (PAT) guna mengantisipasi darurat pangan akibat dampak dari badai el nino sehingga bangsa Indonesia tidak sampai Impor beras lagi. Bangasa kita untuk memenuhi kebutuhan beras menargetkan menanam padi seluas 1 juta hektar di bulan Mei untuk memenuhi kebutuhan beras bulan Agustus mendatang.

“Kita ketahui Jawa Tengah memiliki potensi yang luar biasa untuk stabilisasi pangan nasional dan ini harus dimaksimalkan dan harus didorong untuk mensukseskan ketahanan pangan nasional dengan melalui Program Kementan bekerjasama dengan TNI AD untuk membantu pompanisasi lahan pertanian di wilayah masing - masing,” ungkapnya.

Kepada Dinas Pertanian Kabupaten jangan sampai salah input data pertanian dan maksud kunjungan kami pada hari ini untuk menyamakan persepsi dan tujuan.

“Pemerintah siap mendukung para petani agar kedepan kita tidak sampai Impor beras, untuk subsidi pupuk pemerintah sudah meningkatkan anggaran subsidi pupuk petani harapannya kebutuhan pupuk petani mudah didapat,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P., mengucapkan selamat datang kepada Sekjen Kementan beserta rombongan.

“Kodim Cilacap siap membantu program pemerintah dalam swasembada pangan yaitu dengan melaksanakan perluasan areal tanam dengan menggunakan pompanisasi serta siap melaksanakan pendampingan terhadap para petani,” tegas Dandim.

(Pendim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar