Selasa, 21 Mei 2024

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Dandim Cilacap Bersama Forkopimda Melaksanakan Upacara Dilanjutkan Ziarah


Cilacap - Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116, Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P., bersama Forkopimda melaksanakan upacara bendera di Alun-alun Cilacap dilanjutkan dengan ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Surengrono, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Senin (20/05/2024).

Upacara yang khidmat ini digelar di alun-alun Cilacap pada pagi hari, dengan dihadiri oleh berbagai instansi, TNI, Polri, serta para pejabat pemerintah daerah.

Awaluddin Muuri, A.P, M.M., selaku PJ. Bupati Cilacap dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi, menjelaskan peringatan tahun ini mengusung tema “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”. Dengan tema tersebut harapannya dapat melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa.

Lebih dari seabad yang lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Sebelum Boedi Oetomo, ada Kartini yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan dan kemajuan melalui tulisan-tulisannya yang tersiar ke penjuru dunia. Dari merekalah semangat kebangkitan nasional lahir, penanda lahirnya zaman baru sebagai wahana memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia.

“Perjuangan saat ini menghadapi beragam tantangan dan peluang baru, terutama didasari pada kemajuan teknologi," jelasnya.

Seperti yang kita ketahui, kemajuan teknologi telah menjadi bagian dari peradaban manusia saat ini. Inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner. Pada titik ini, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan untuk menyongsong Indonesia Emas.

“Kebangkitan kedua ini dinilai merupakan momen terpenting untuk menatap masa depan dengan penuh rasa optimis dan percaya diri. Seluruh potensi yang dimiliki Indonesia baik sumber daya alam, demografi, potensi transformasi digital menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045," pungkasnya.

Setelah upacara selesai, acara dilanjutkan dengan ziarah rombongan ke TMP Surengrono. Dalam kegiatan ini, Dandim 0703/Cilacap bersama Forkopimda dan peserta ziarah lainnya melakukan penghormatan, peletakan karangan bunga, dan tabur bunga di makam para pahlawan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan atas jasa-jasa mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Rangkaian acara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini diakhiri dengan doa bersama untuk mendoakan arwah para pahlawan yang telah gugur serta keselamatan dan kesejahteraan bagi bangsa Indonesia.

Semoga semangat Hari Kebangkitan Nasional terus menginspirasi kita semua untuk bekerja keras demi kemajuan bangsa dan negara.

(ss)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar