Sabtu, 04 Mei 2024

Kasdim Cilacap Hadiri Audiensi Bersama Tim On The Spot Setjen Wantannas


Cilacap - Komandan Kodim 0703/Cilacap yang diwakili Kasdim Mayor Inf Saeroji hadiri kegiatan Audiensi Kunjungan Tim On The Spot (OTS) Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) Republik Indonesia Mayjen TNI Syachriyal E. Siregar, S.E., beserta rombongan dengan Pj. Bupati yang diwakili oleh Ir. Sujito dan para OPD serta stakeholder yang bertempat di Ruang Prasandha Rumah Dinas Bupati Cilacap, Jumat (03/05/2024).

Mayjen TNI Syachriyal E. Siregar, S.E., menjelaskan, OTS kali ini dalam rangka melaksanakan salah satu tugas utama Wantannas yaitu memberikan rumusan kebijakan kepada Presiden RI terkait isu-isu yang masuk dalam delapan Gatra, dalam hal ini adalah isu sosial yang sedang mengancam terkait sampah.

“Sampah sudah dideklarasikan menjadi musuh dunia, jadi kami butuh bantuan dan dukungan semua pihak bagaimana caranya memerangi sampah agar tercipta Indonesia bersih sampah di tahun 2025," ungkapnya.

Belakangan diketahui bahwa banyak negara-negara yang melakukan importir sampah untuk diolah kembali. Hal tersebut menunjukan bahwa sampah merupakan sumber daya yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia yang lebih baik.

“Kami melihat Cilacap telah sukses dalam mengelola sampah, jadi kami ingin mendorong daerah lain memiliki kepedulian dan komitmen serupa. Kami harap dalam OTS ini akan memperoleh berbagai informasi untuk kemudian kami rekomendasikan kepada Presiden," pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Pj. Sekda menyampaikan paradigma pengelolaan sampah di Kabupaten Cilacap memang sudah berganti, tidak lagi bertumpu pada pembuangan akhir di TPA namun memandang sampah sebagai sumber daya yang mempunyai nilai ekonomi dan dapat dimanfaatkan.

“Pengelolaan sampah dengan paradigma baru tersebut dilakukan dengan kegiatan pengurangan dan penanganan sampah salah satunya melalui Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Refuse Derived Fuel (TPST RDF). TPST RDF sudah memasuki tahun ke empat dan kini mampu mengolah 150 ton sampah per hari," jelasnya.

Setelah sesi diskusi, rombongan akan melakukan kunjungan lapangan untuk mempelajari lebih lanjut terkait pengelolaan sampah tersebut. Turut hadir Forkopimda Cilacap, GM PT. Solusi Bangun Indonesia (SBI) Pabrik Cilacap Edi Sarwono, Manager OPI PT. Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap Agus Rahmat Jaman, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap dan tamu undangan lainnya.

(Pendim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar