Selasa, 07 Mei 2024

Pelda Eko Setyawan Hadiri Acara Adat Budaya Asok Glondong Pengareng Areng


Cilacap - Pelda Eko Setyawan menghadiri acara festival budaya dalam rangka kegiatan sosial kemasyarakatan Asok Glondong Pengareng Areng (Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Sehari Lunas Serentak se Desa Kepudang) yang digelar di Pendopo Balai Desa Kepudang, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Selasa (07/05/2024).

Hadir dalam acara tersebut, Pj. Bupati Cilacap diwakili Sekretaris Bapedda Cilacap Muji Utomo, AP. MM, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat, Camat Binangun Agus Wantoso, S.STP, M.Si, Danramil 04/Binangun diwakili Pelda Eko Setyawan, Kapolsek Binangun AKP Siwan, S.H, M.M, Kades Kepudang Kasno, SH, Kades se Kecamatan Binangun, para tamu undangan dan tokoh masyarakat Desa Kepudang, para warga masyarakat Desa Kepudang. 

Kades Kepudang dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Pj. Bupati Cilacap dalam ini yang diwakili Sekretaris Bapedda Cilacap Muji Utomo, AP. MM, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Forkompincam Binangun serta seluruh tamu undangan yang hadir. 

“Acara pembayaran pajak serentak (satu hari lunas) yang dipadukan dengan adat budaya lokal yaitu adat Budaya Asok Glondong Pengareng Areng, pembayaran pajak seperti itu merupakan tradisi warisan leluhur dan sudah dilaksanakan setiap tahunnya,” ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris Bappeda Cilacap Muji Utomo, AP. MM, mewakili PJ. Bupati sangat mengapresiasi Desa Kepudang yang telah membayar lunas serentak dalam sehari pembayaran pajak bumi dan bangunan se Desa Kepudang yang dikemas dalam bentuk kegiatan festival budaya.

“Semoga program ini terus berkembang dan dapat dilaksanakan di setiap Desa yang ada khususnya di wilayah Kecamatan Binangun dan Kabupaten Cilacap pada umumnya,” terangnya..

Pelda Eko Setyawan dalam kesempatan tersebut mengatakan, tradisi yang ada di Desa Kepudang ini merupakan peristiwa budaya yang sangat langka. 

“Pembayaran pajak serempak seluruh warga Desa yang dipadu dengan kebudayaan dan kesenian, menjalankan tradisi warisan leluhurnya," ujarnya.

 

(R04)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar