Jumat, 03 Mei 2024

Matangkan Kesiapan TMMD Sengkuyung Tahap II, Kodim 0703/Cilacap Gelar Rakor 


Cilacap - Dalam rangka penyiapan dan pematangan pelaksanaan program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2024 di Desa Bulusari Kecamatan Gandrungmangu, Kodim 0703/Cilacap bersama Dispermades menggelar Rakor dengan Instansi terkait, di Aula Satya Kartika Kodim Jl. Jenderal Sudirman No. D1 Cilacap, Jumat (03/05/2024).

Tampak hadir Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf Saeroji, Kabid Dispermades Cilacap Drs. Hanum, Pasiter Dim 0703/Cilacap Kapten Cba. Gunawan Wisasmita, S.H., Danramil 10/Gandrungmangu Kapten lnf Tasino, Kapolsek Gandrungmangu AKP Yusuf, Lanal Cilacap diwakilkan Letda Laut (P) Tarmono, Polresta Cilacap diwakili Ipda Vishinu, Sekcam Gandrungmangu Tiyas, Kades Bulusari Kukuh, Perwakilan OPD terkait, Perwakilan BUMN, BUMD dan Perbankan Cilacap.

Mayor Inf Saeroji dalam pembukaan rapat menyampaikan bahwa TMMD merupakan program lintas sektoral dalam rangka membantu Pemerintah Daerah dan melibatkan stakeholder instansi terkait dalam upaya percepatan pembangunan di daerah sehingga perlu dukungan rekan - rekan sekalian, kita tidak bisa berdiri sendiri, ini untuk kesejahteraan masyarakat kita bersama. 

“Rakor ini bertujuan untuk menyiapkan serta mematangkan penyiapan pembukaan TMMD Sengkuyung tahap II sehingga pelaksanaannya dapat berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan pada tanggal 08 Mei 2024 di Lapangan Desa Bulusari Kecamatan Gandrungmangu,” ungkapnya.

Sesuai Arahan Dandim 0703/Cilacap dalam rangka mensukseskan TMMD tahap ke ll tahun 2024, ini memerlukan sinergitas dan kerjasama dengan rekan - rekan semua sehingga rapat koordinasi akan memberikan hasil yang maksimal.

“Dalam pelaksanaan TMMD partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam kegiatan ini, sekali lagi saya meminta dukungan Kades terutama di Kelurahan Bulusari untuk menyukseskan TMMD ll Sengkuyung berjalan dengan lancar dan sukses nanti,” pintanya.

Pada kesempatan yang sama Kabid Dispermades Cilacap menjelaskan bahwa pelaksanaan TMMD tidak lagi 3 (tiga) kali, tetapi menjadi 4 (empat) kali. Hal tersebut mendasari Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 100.3.3.7/0140/BPD tanggal 4 Januari 2024 Hal Peningkatan Program TNI Manunggal Membangun Desa. 

“Pelaksanaan TMMD menjadi 4 (empat) kali adalah untuk optimalisasi membantu Pemerintah dalam percepatan pembangunan yang merata serta dapat menunjang penurunan angka kemiskinan melalui pembangunan fisik dan nonfisik,” ujarnya..

Tujuan Rakor yang kita laksanakan saat ini untuk mempersiapkan Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2024. Sekaligus Meminta data informasi Program / Kegiatan OPD, BUMN, BUMD, Swasta yang dapat disinkronkan dalam mendukung pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap II yang akan dilaksanakan oleh Kodim Cilacap.

Sasaran TMMD secara fisik yaitu pembangunan rabat beton : 872 m x 2,5 m. Pembangunan Talud : 334 m. Sedangkan kegiatan non fisik yang mungkin dapat dilaksanakan pelatihan kewirausahaan sesuai dengan potensi yang ada di wilayah lokasi TMMD guna peningkatan produktivitas ekonomi masyarakat serta berbagai pelayanan seperti kesehatan, KB gratis dan pembuatan KIA maupun akte kelahiran maupun kematian

(Pendim)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar