Rabu, 27 September 2023

Babinsa Karangpucung Dampingi Pelaksanaan Posbindu dan Pemeriksaan IVA

  


Cilacap – Sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan diwilayah binaan, Babinsa Koramil 15/Karangpucung Peltu Cipto beserta lima anggota dampingi pelaksanaan Pelayanan Posbindu dan pemeriksaan IVA bertempat di Dusun Karangpucung RT 02 RW 05 Desa Karangpucung,  Kecamatan Karangpucung, Selasa (26/9/2023).

Posbindu adalah Pos Pembinaan Terpadu yang merupakan program pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat usia 25 tahun hingga 59 tahun guna mengetahui kondisi badan dalam Upaya mencegah penyakit tidak menular, seperti diabetes, hipertensi, obesitas, penyakit jantung dan lain sebagainya.

Pelayanan Posbindu kali ini dibarengi dengan pelayanan pemeriksaan IVA bagi wanita usia subur untuk mendeteksi dini adanya kanker leher rahim. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Bidan Desa Karangpucung Lutfiyatiningsih, A. Md. Keb., Bidan UPT Puskesmas Karangpucung I Heni Irawati, A.Md Keb beserta 3 anggota tenaga medis lainnya, petugas Posbindu serta warga masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Babinsa ikut  lmenjelaskan betapa pentingnya posbindu dan pemeriksaan IVA bagi para wanita dalam menjaga kesehatan warga binaan.

"Kegiatan Posbindu dimulai dari pengecekan tinggi badan, berat badan, tensi darah dan cek gula darah agar kita bisa deteksi dini dan cegah dini apabila sudah mengetahui kondisi kesehatan kita masing masing,”bterang Peltu Cipto.

Lebih lanjut, Babinsa juga menjelaskan pentingnya pemeriksaan IVA bagi para ibu di usia subur, disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin setahun sekali sebagai Upaya pencegahan kanker leher servik atau kanker leher Rahim.

Petugas kesehatan baik dari Bidan dan petugas Posbindu, mengucapkan terima kasih kepada Babinsa Koramil 15/Karangpucung yang telah mendukung kegiatan tersebut, sehingga pelaksanaan Posbindu dan pemeriksaan IVA ini berjalan tertib dan lancar. (R15)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar