Rabu, 13 September 2023

Sosialisasi Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap lll Kodim Cilacap di Desa Caruy


Cilacap - Pembangunan Infrastruktur desa perlu dilakukan peningkatan, sehingga dapat memacu mobilitas masyarakat yang ada di desa  khususnya dan sekitarnya pada umumnya. 

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan sebuah program dari pemerintah yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.

Dalam hal ini Kodim 0703/Cilacap merealisasikan Program TMMD Sengkuyung Tahap lll tahun 2023 di Desa Caruy Kecamatan Cipari.

Untuk mensukseskan program TMMD tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Cilacap didampingi oleh Pasiter, Bati Bakti Kodim 0703/Cilacap, Forkopimcam Cipari, Satgas TMMD dan Pemerintah Desa Caruy, menggelar  sosialisasi, bertempat di Posko TMMD Grumbul Cibulu Dusun Cigintung Desa Caruy Kecamatan Cipari, Selasa (12/9/2023).

Kegiatan dilakukan dalam rangka untuk mengetahui program kerja yang akan dilaksanakan, ini merupakan pendataan lanjut mengenai jumlah dan bentuk sasaran serta anggaran program TMMD," papar Agus Sokhani dari Dispermades.

"Program TMMD merupakan Peningkatan kinerja pembangunan perdesaan berdasarkan partisipasi masyarakat, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporannya agar program TMMD di Desa Caruy bisa berjalan sesuai target yang diharapkan," katanya.

Sementara Plt. Sekcam Cipari menyampaikan ucapan terimakasih atas terlaksananya program TMMD di Desa Caruy, Apresiasi kepada Kodim 0703/Cilacap dan Pemerintah Kabupaten Cilacap yang sudah merealisasikan program TMMD  tersebut.

"Maka dengan hadirnya TMMD mengharap kepada masyarakat Desa Caruy untuk bersatu padu manunggal bersama TNI dalam pelaksanaanya, akan terwujud bila sebuah yang berat akan terasa ringan bila kita bersatu," ujar Plt Sekcam Cipari Undang Pilihanto.

Dan tidak akan lari dari tanggung jawab, percaya diri dan semangat untuk menyelesaikannya program TMMD.

"Yang lebih penting lagi adalah sengkuyung dari lapisan masyarakat, agar program nyata yang dilakukan TNI dan Pemerintah akan tertuntaskan dengan maksimal dan akan memberikan manfaat," tutupnya.

Hal yang sama disampaikan Kapolsek Cipari, terimakasih kepada TNI yang sudah memberikan yang terbaik untuk masyarakat, tanamkan rasa ikhlas, laksanakan program TMMD ini dengan menjaga kegotong royongan.

Paparan pemahaman TMMD disampaikan oleh Danramil 11/ Sidareja, bahwa Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) merupakan keterpaduan antara TNI bersama pemerintah daerah sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) adalah sebagai wujud dari kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam bentuk operasi bhakti yang dilaksanakan bersama-sama seluruh komponen masyarakat termasuk Pemerintah Daerah," papar Kapten Inf Agus Wantoro.

Penjelasan teknik Program TMMD disampaikan Pasiter Kodim 0703/Cilacap, tugas dan tanggung jawab   kegiatan TMMD di lapangan, pihaknya menambahkan dari pembicara di awal yang intinya luar biasa melihat antusias masyarakat Desa Caruy, diharapkan sasaran TMMD yang rencananya akan dibuka pada Rabu 12 September 2023 nanti, harapannya bisa terencana, terstruktur dan mekanisme kerja sudah disiapkan.

"Perlunya sosialisasi ini adalah memberikan masukan dan informasi, agar masyarakat akan lebih memahami sekaligus media komunikasi dan silaturahmi dengan masyarakat," tegas Kapten CBA Gunawan Wisasmita, S.H.

Acara diakhiri dengan tanya jawab seputar Program TMMD dan ditutup dengan Doa.

Tampak dan turut hadir dalam acara tersebut, Pasiter Kapten CBA Gunawan Wisasmita, S.H, Agus Sokhani dari Dispermades, Bati Bakti Kodim 0703/Cilacap Serka Rispilihanto, Undang Pilihanto Plt. Sekcam Cipari, Kapolsek Cipari AKP Priyatno, Danramil 11/Sidareja Kapten Inf Agus Wantoro, Pemdes Caruy, Sekdes Caruy Rasimin,  BPD, Kadus, Widodo Poldes Caruy, Ketua RT/RW dan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta Pemuda.

 

(Sugeng S)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar