Selasa, 05 September 2023

Narasumber Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru, Ini Pesan Babinsa


Cilacap - Babinsa Koramil 14/Cimanggu Kodim 0703/Cilacap Serka Mulyono menghadiri acara Seminar Kebangsaan dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) sebagai Narasumber di Kampus STIMIK Komputama Majenang, Desa Cilempuyang Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Selasa (05/9/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kampus STIMIK Komputama Majenang yang diwakili oleh Humas Prayoga Gymnastiar beserta panitia PKKMB STIMIK tahun ajaran 2023, Koramil 14/Cimanggu Serka Mulyono sebagai Narasumber dan peserta PKKMB STIMIK Komputama Majenang sebanyak 70 orang.

Wawasan kebangsaan sangatlah penting bagi generasi muda/milenial terutama mahasiswa, adapun tujuan dari wawasan kebangsaan itu sendiri adalah untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Bangsa dan Negara, serta mewujudkan rasa nasionalisme yang tinggi. Sehingga penting rasanya bagi generasi muda kita, khususnya para mahasiswa untuk mengerti dan memahami apa itu wawasan kebangsaan.

"Wawasan kebangsaan adalah cara pandang Bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ungkap Serka Mulyono.

"Jika kurangnya pemahaman mengenai wawasan kebangsaan ini, tentunya akan menyebabkan degradasi rasa nasionalisme atau menurunnya moral masyarakat, sehingga akan mudah dipecah belah oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," tambahnya.

"Saya berpesan kepada para peserta seminar PKKMB ini, untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa, hargai dan hormati perbedaan yang ada, karena itu adalah kekayaan bangsa dan negara kita. Empat pilar yang harus kita ingat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Kebhinekaan, yang kesemuanya itu jangan hanya menjadi hiasan atau pajangan dinding saja, akan tetapi menjadi pedoman untuk dijalankan dalam kehidupan kita sehari-hari, sehingga akan tercipta suasana damai untuk kemajuan Bangsa dan Negara yang kita cintai bersama," pungkas Serka Mulyono.

Selama kegiatan seminar berjalan dengan lancar aman dan kondusif, para mahasiswa baru STIMIK Komputama Majenang begitu antusias mengikuti materi wawasan kebangsaan ini, acara pun selesai di akhiri dengan doa dan foto bersama.

 

(R14)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar