Selasa, 31 Oktober 2023

Babinsa Kampunglaut : Mari Jaga Kelestarian Hutan Mangrove


Cilacap - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cilacap bersama jajaran Forkopimcam Kampunglaut melaksanakan kegiatan penanaman mangrove. Kegiatan dilaksanakan di Sungai Ketapang Desa Ujungalang Kecamatan Kampunglaut, Kabupaten Cilacap, Senin (30/10/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala DLH Kabupaten Cilacap Murniati, Kepala CDK Wilayah VI Jawa Tengah Endang, Kepala Perhutani Kabupaten Cilacap Agus, Perwakilan S2P  Bondan, Camat Kampunglaut di Wakili Sekcam Wahyu Wismanto, SE. MM, Danramil 09/Kawunganten diwakili Serka Ali Ashar, Kapospol subsektor Kampunglaut Ipda Dedi Gunawan, Kades Ujungalang Tugino beserta Staf, Kepala SMPN 2 Kampunglaut Jaka Widada, S.Pd beserta Para guru, Staf, Perwakilan siswa dan Karang taruna Desa Ujungalang. 

Danramil 09/Kawunganten melalui Babinsa Ujungalang Serka Ali Ashar yang turut dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa hutan mangrove atau bakau memiliki fungsi sebagai penyerap gas karbondioksida dan penghasil oksigen sekaligus sebagai pencegahan abrasi. Rusaknya hutan mangrove akibat penebangan dan lainnya akan berdampak buruk bagi kelestarian lingkungan hidup kita. 

Untuk mengembalikan fungsi hutan mangrove sekaligus meningkatkan keanekaragaman hayati, DLH Kabupaten Cilacap bersama BUMN dan Dinas terkait serta Jajaran Forkopimcam, Para Guru, Perwakilan siswa dan Karang taruna melaksanakan kegiatan penanaman mangrove.

"Direncanakan ada sekitar 25.000 pohon mangrove yang akan ditanam secara bertahap di sepanjang pinggiran Sungai Ketapang", Jelasnya.

Dengan diadakannya penanaman mangrove, Selaku Babinsa Ujungalang Serka Ali Ashar juga mengajak kepada seluruh masyarakat desa agar pohon yang sudah ditanam dijaga, dirawat dan dipelihara dengan baik sehingga tumbuh sesuai harapan.

"Mari kita jaga kelestarian hutan mangrove sebagai tempat penghasilan oksigen untuk kita bernafas, tempat hidup berbagai macam biota laut maupun binatang darat dan sebagian penahan abrasi," ajaknya.

 

(R09/pen)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar