Selasa, 10 Oktober 2023

Bersama Kelompok Tani SUKA ASIH, Danramil Panen Raya Bawang Merah di Wilayah Binaan


Cilacap - Tanaman bawang merah merupakan tanaman Holtikultura yang sudah lama dibudidayakan oleh para petani secara intensif. Komoditas unggulan pertanian ini memberikan kontribusi yang cukup tinggi terhadap perkembangan ekonomi di suatu wilayah.

Hal tersebut mendorong Serma Sudarto yang mewakili Danramil 14/Cimanggu bersama Forkopimcam dan Hj. Teti Rohayatiningsih, S.Sos., Anggota DPR RI Komisi IV Bidang Pertanian Kabupaten Cilacap, melaksanakan Panen Raya Bawang Merah bersama Kelompok Tani (Poktan) "SUKA ASIH" di Dusun Nambo Girang RT 03 RW 09, Desa Bantarpanjang Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Senin (9/10/2023).

Di sela-sela kegiatan panen, Serma Sudarto mengatakan bahwa bawang merah merupakan salah satu jenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia, khususnya di negara kita Indonesia tercinta ini, selain untuk dikonsumsi sehari hari, bawang merah juga sebagai penunjang ekonomi keluarga.

Melihat hasil panen tersebut, Serma Sudarto mengajak masyarakat, khususnya Poktan untuk lebih semangat menanam bawang yang sangat dibutuhkan sebagai bahan pokok dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya berharap dengan adanya panen raya bawang merah ini, dapat memotivasi warga sekalian untuk bergabung bersama Poktan "SUKA ASIH" ataupun dengan cara mandiri. Yang penting berani dan ada kemauan untuk berkebun, agar perekonomian keluarga kita menjadi lebih baik, "pungkas Serma Sudarto.

Ketua Poktan"SUKA ASIH" Dusun Nambo Girang Samsu, sangat senang dan bangga panen raya bawang merah kali ini dapat dihadiri oleh Anggota DPR RI Komisi IV Bidang Pertanian Kabupaten Cilacap Hj. Teti Rohayatiningsih dan Forkopimda Kecamatan Cimanggu.

"Kami sangat senang dan berterima kasih sekali atas kehadiran Pejabat Kabupaten dan Kecamatan di Panen Raya ini, semoga dengan kehadirannya membawa semangat, motivasi dan keyakinan kepada kami semua selaku petani bawang untuk lebih meningkatkan kualitas dan hasil panen berikutnya," ungkapnya.

"Saya juga berharap agar Pemerintah dapat membantu kami para petani bawang agar lebih mudah mendapatkan benih, pupuk dan juga dapat membantu dalam penjualan, agar dapat bersaing dengan wilayah lain," harap Samsu.

Kegiatan panen raya bawang merah tersebut juga dihadiri oleh Hj. Teti Rohayatiningsih, S.Sos., Anggota DPR RI Komisi IV Bidang Pertanian Kabupaten Cilacap, Kapolsek Cimanggu AKP Anwar, SH., Danramil 14/Cimanggu yang diwakili oleh Serma Sudarto, Camat Cimanggu yang diwakili oleh Kasi Trantibun Ahmad Bastari Efendi, S.IP., Kades Bantarpanjang yang diwakili oleh Kadus Nambo Rusyanto, Ketua Poktan "SUKA ASIH" Samsu dan Anggota kurang lebih 100 orang.

Selama kegiatan panen raya berjalan dengan lancar dan aman, para peserta panen begitu antusias dan bersemangat, karena hasil panen bawang merah kali ini bagus dan memuaskan.

 

(R14)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar