Jumat, 20 Oktober 2023

Babinsa Koramil 14/Cimanggu Hadiri Rapat Sosialisasi PTSL 


Cilacap - Babinsa Koramil 14/Cimanggu Kodim 0703/Cilacap Sertu Siswinarto, mewakili Danramil Kapten Inf Agus Wantoro, menghadiri  undangan sosialisasi penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2024, yang bertempat di Pendopo Balai Desa Mandala, Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Kamis (19/10/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BPN Kabupaten Cilacap yang diwakili oleh Arjunaidi, Camat Cimanggu Bambang Tutuko, S.Sos.,M.Si., Danramil 14/ Cimanggu yang diwakili oleh Sertu Siswinarto, Kapolsek Cimanggu yang diwakili oleh Brigadir Febry, Kades Mandala Slamet, S.Ag., Ketua BPD Mandala Budiyanto, S.Pd., dan warga masyarakat Desa Mandala.

Kepala BPN Kabupaten Cilacap yang diwakili oleh Arjunaidi menjelaskan bahwa, PTSL adalah kegiatan pendaftaran tanah yang dilakukan secara serentak, dan meliputi pendaftaran tanah yang belum di daftar dalam suatu wilayah Desa/Kelurahan, serta pemetaan seluruh objek pendaftaran tanah yang sudah terdaftar dalam rangka menghimpun serta menyediakan informasi lengkap mengenai bidang - bidang tanahnya.

Dalam sambutannya, Camat Cimanggu Bambang Tutuko, S.Sos.,M.Si., mengatakan bahwa, "Tanah yang belum bersertifikat harus segera didaftarkan, agar memiliki kekuatan hukum hak tanah, dan biaya yang ditanggung pemilik tanah harus disepakati melalui musyawarah, tanpa adanya pungutan liar atau korupsi dari panitia Desa, agar tidak melanggar hukum, "ungkapnya.

Danramil 14/Cimanggu  Kapten Inf Agus Wantoro melalui Babinsanya Sertu Siswinarto mengatakan bahwa, "program PTSL bertujuan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya sengketa atau konflik pertanahan, mempercepat pemberian kepastian hukum dan perlindungan hukum atas hak tanah masyarakat, serta meningkatkan kemakmuran masyarakat, "ujarnya.

"Sosialisasi PTSL ini merupakan program Pemerintah dalam rangka mewujudkan legalitas kepemilikan tanah berupa sertifikat, kami berharap program ini dapat terlaksana dengan baik dan tidak menimbulkan masalah. Mari kita saling menjaga keamanan lingkungan agar situasi tetap aman dan kondusif, "pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi penyuluhan PTSL dapat berjalan dengan lancar aman dan tertib, masyarakat Desa Mandala begitu antusias dan bersemangat menyambut program pemerintah tentang PTSL ini, dengan harapan bisa memberikan kepastian hukum tentang hak atas kepemilikan tanah mereka masing-masing.

 

(R14)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar