Jumat, 28 Juli 2023

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Babinsa Berikan Materi Wasbang


Cilacap - Babinsa Koramil 14/Cimanggu Kodim 0703/Cilacap Serka Sudarto, Serka Mulyono dan Serda Pandu Iriyanto, melaksanakan kegiatan pemberian materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang ), Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan pemahaman Bela Negara kepada peserta didik baru SMP Raden Fatah Cimanggu, Kamis (27/7/23).

Kegiatan pemberian materi Wasbang, PBB dan pemahaman Bela Negara tersebut dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2023/2024, yang dilaksanakan di lapangan Salang Kuning Desa Panimbang Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap.

Serka Sudarto mengatakan, pelatihan PBB dan materi Wasbang yang kita berikan kepada siswa siswi baru SMP Raden Fatah Cimanggu ini, dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan, menanamkan disiplin dan membentuk karakter peserta didik sejak dini, sehingga dapat membentuk generasi bangsa yang berkualitas.

"Dengan adanya pelatihan PBB dan pemberian materi Wasbang serta Bela Negara ini, diharapkan akan tertanam kedisiplinan pada siswa siswi, agar nantinya mereka berhasil meraih cita-cita yang diinginkan," ujarnya.

Serka Mulyono menambahkan bahwa, latihan PBB ini juga untuk memantapkan karakter bangsa dalam dunia pendidikan, serta untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab, cinta tanah air dan pengamalan Pancasila serta UUD 1945.

"Dengan cara ini, diharapkan para siswa akan mampu meningkatkan rasa Nasionalisme, jiwa korsa, menjaga persatuan dan kesatuan dilingkungan sekolah," ungkapnya.

Sementara itu, Danramil 14/Cimanggu Kapten Inf Agus Wantoro memberikan apresiasi terkait kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa di wilayah, ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan teritorial. 

"Pelatihan PBB dan materi Wasbang kepada para siswa, bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan dan kedisiplinan yang bisa menjadi benteng, agar mereka tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal yang negatif, yang bisa merusak masa depan," tegasnya.

"Saya berharap agar para peserta didik baru SMP Raden Fatah Cimanggu ini, bisa memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, sehingga para siswa memiliki identitas sebagai Bangsa Indonesia sejati, yaitu Bangsa yang toleran, saling menghormati, cinta tanah air dan memiliki jiwa Nasionalisme yang tinggi," pungkas Danramil.

 

(R14)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar