Selasa, 11 Juli 2023

Mrekatak Dengan Baik Demlot Tanaman Padi Protani Kodim Cilacap


Cilacap - Bintara Pembina Desa dari Koramil 07 Maos, Serda Tofik melaksanakan pengecekan tanaman padi yang tumbuh dengan baik dilokasi Demlot tanaman padi program ketahanan pangan Kodim 0703 Cilacap yang saat ini sudah terlihat “Mrekatak” (Istilah Jawa) di wilayah Desa Maos Kidul, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap, Selasa (11/07/2023).

Kodim 0703 Cilacap bersama masyarakat Tani Desa Maos Kidul melaksanakan kegiatan non program bidang ketahanan pangan guna mewujudkan kemandirian pangan khususnya di wilayah Kecamatan Maos atau secara umum di Kabupaten Cilacap.

Koordinator kegiatan ketahanan pangan Kodim 0703 Cilacap Kapten Cba Gunawan mengatakan kegiatan ketahanan pangan merupakan upaya TNI dalam dalam rangka membantu Program Pemerintah Daerah dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya para petani yang menjadi ujung tombak pertanian.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan lokal dan skala nasional, meningkatkan kesejahteraan petani serta meningkatkan perekonomian masyarakat, serta dari aspek pertahanan tersedia logistik wilayah sesuai kearifan lokal untuk kepentingan pertahanan negara," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam hal ini Kodim 0703 Cilacap melaksanakan Demlot padi yang berlokasi di Desa Maos Kidul seluas 2 hektar yang dalam pelaksanaannya juga bekerjasama, dalam bentuk MoU dengan kalangan akademisi dari Unsoed Purwokerto dan Kelompok Tani Sumber Makmur Desa Maos Kidul.

Untuk menunjang keberhasilan program ketahanan pangan, Babinsa Koramil 07 Maos sebagai pembina di wilayah Maos Kidul bersama petani desa setempat secara intensif melaksanakan pemantauan perkembangan tanaman agar tumbuh dengan baik.

"Kami optimis bahwa Desa Maos Kidul memiliki areal sawah yang subur, didukung sistem irigasi yang memadai akan sangat mendukung keberhasilan program ketahanan pangan," tandasnya.

(R07)

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar