Minggu, 23 Juli 2023

Tanamkan Nilai Kebangsaan Babinsa Koramil Cimanggu Turun ke Sekolah


Cilacap - Babinsa Koramil 14/Cimanggu Kodim 0703/Cilacap Serma Dasiman dan Serka Mulyono, memberikan materi kesadaran berbangsa dan bernegara serta PBB dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), kepada siswa siswi baru SMP Muhammadiyah Cimanggu tahun ajaran 2023/2024, yang bertempat di SMP Muhammadiyah Cimanggu Desa Cimanggu Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Sabtu (22/7/23).

Dalam sambutannya, Serma Dasiman menyampaikan bahwa kesadaran berbangsa dan bernegara mempunyai makna bahwa individu yang hidup dan terikat dalam kaidah dan naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia, harus memiliki sikap dan perilaku yang dilandasi keikhlasan dalam bertindak demi kebaikan Bangsa dan Negara Indonesia.

"Contoh sikap kesadaran berbangsa dan bernegara di lingkungan sekolah antara lain, saling menghormati teman yang berbeda agama, suku dan adat istiadat, menaati tata tertib dan peraturan yang ada di sekolah, aktif serta menyelesaikan segala permasalahan dengan bermusyawarah. Sehingga para siswa paham dan tertanam akan kesadaran berbangsa dan bernegara di dalam hatinya, serta mencintai betul bangsa dan negaranya ini," pungkasnya.

Selain memberikan materi kesadaran berbangsa dan bernegara, Babinsa juga memberikan materi PBB, yang dilatih langsung oleh Serka Mulyono. Adapun materi PBB yang dilatihkan meliputi sikap sempurna, hadap kanan hadap kiri, lencang kanan, lencang depan, sikap istirahat, berhitung.

Serka Mulyono mengatakan bahwa latihan PBB sangat penting untuk para siswa, karena bersifat kesinambungan, baik bagi siswa SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi, PBB tetap ada, bahkan sampai anak-anak lulus dari dunia pendidikan.

"PBB sendiri merupakan latihan fisik, guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan terbentuknya suatu perwatakan yang disiplin. Selain itu juga untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap, tangkas, disiplin dan bertanggung jawab,"ungkap Babinsa..

Rahmat Effendi, S. Ag., selaku Kepala Sekolah mengucapkan banyak terima kasih atas pelatihan dan materi yang diberikan oleh pihak Koramil, semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat merubah sikap dan pola pikir siswa siswinya kearah yang lebih baik, "ucapnya.

Selama kegiatan berjalan dengan lancar aman dan tertib, para siswa-siswi SMP Muhammadiyah Cimanggu terlihat antusias mengikuti materi demi materi yang diberikan oleh pihak Koramil.

 

(R14)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar