Rabu, 19 Juli 2023

Tanamkan Nilai - nilai Kebangsaan Babinsa Berikan Materi Wasbang


Cilacap - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 14/Cimanggu Serka Mulyono dan Koptu Eko Daryoto, memberikan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa siswi baru SMK YPIA Cimanggu, dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2023/2024, yang bertempat di halaman SMK YPIA Cimanggu, Jalan Raya Cisalak RT 05 RW 03 Desa Cisalak Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Selasa (18/7/2023).

Kegiatan MPLS ini bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan sikap disiplin, membentuk karakter dan menanamkan jiwa patriotisme sejak duduk di bangku SMK dan menjadi sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, karena mereka adalah generasi penerus Bangsa.

Di sela-sela kegiatan, Serka Mulyono mengatakan bahwa Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, dan itu bagus, banyak sekali hal-hal positif serta ilmu pengetahuan di dalamnya.

“Akan tetapi disisi lain, baik kita sadari atau tidak, hal tersebut menjadi ancaman yang sangat serius bagi generasi muda kita, sekarang dan masa yang akan datang, maka dari itu pada kesempatan yang baik ini, kita berikan materi PBB, wawasan kebangsaan dan bela negara untuk mencegah masuknya paham radikalisme di lingkungan sekolah," ungkapnya.

"Di sini kita lebih menekankan kepada para siswa agar dapat mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila, yang merupakan ideologi Bangsa kita. Selain itu juga, untuk memupuk rasa kekompakan, kebersamaan dan kesantunan, agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah, keluarga maupun bermasyarakat, " imbuh Serka Mulyono.

Di tempat lain, Danramil 14/Cimanggu Kapten Inf Agus Wantoro membenarkan adanya kegiatan MPLS ini, Danramil mengatakan bahwa, penanaman sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi dan berbagai perilaku positif pada para pelajar, sebagai implementasi penanaman konsep ilmu, sebelum memasuki kegiatan pembelajaran.

"Pada saat ini sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan pada anak didik, sehingga mereka memiliki bekal wawasan yang cukup, untuk meraih cita-citanya," ujar Danramil.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, para siswa-siswi memiliki sikap mental dan budi pekerti yang baik, guna terwujudnya generasi muda yang berkualitas, tangguh dan mumpuni," pungkas Danramil.

 

(R14)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar