Selasa, 22 Agustus 2023

Danramil Cimanggu : Setetes Darah Sangat Berguna Bagi Yang Membutuhkan


Cilacap - Babinsa Koramil 14/Cimanggu Kodim 0703/Cilacap, Sertu Djoyo Hartono bersama Serda Bambang Rusdianto melaksanakan kegiatan monitoring dan pemantauan donor darah yang dilakukan oleh Paguyuban Donor Darah Indonesia (PDDI) "ASIDAR" yang bekerja sama dengan PMI Kecamatan Cimanggu, bertempat di Pendopo Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Selasa (22/8/2023).

Donor darah ini diselenggarakan dalam rangka untuk ketersediaan darah, khususnya di wilayah Kecamatan Cimanggu. Tahapan pelaksanaan donor darah yang dilakukan oleh petugas PMI di awali dengan registrasi, pengisian formulir pendaftaran, pemeriksaan kesehatan meliputi cek suhu dan tensi darah dilanjutkan pengambilan darah.

Sertu Djoyo Hartono mengatakan bahwa kegiatan pemantauan ini sebagai wujud partisipasi TNI, khususnya Babinsa di wilayah, sekaligus menjadi sarana untuk lebih meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Kami juga mengajak dan menghimbau kepada segenap warga masyarakat, untuk tetap berkarya dan melakukan kegiatan - kegiatan yang positif, seperti halnya donor darah.

"Semoga dengan kegiatan donor darah ini dapat menolong dan menyelamatkan nyawa orang lain, bagi pendonor tentunya dapat menjaga kesehatan dan dapat meningkatkan produktivitas sel darah merah," tambahnya.

Di tempat berbeda, Danramil 14/Cimanggu Kapten Inf. Agus Wantoro membenarkan adanya kegiatan donor darah ini, Danramil mengatakan bahwa pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa di wilayah, merupakan salah satu bentuk Komsos (Komunikasi Sosial) dan pembinaan wilayah dengan seluruh elemen masyarakat dan Instansi pemerintahan, termasuk dengan petugas PMI. Sebagai wujud dukungan Babinsa untuk mensukseskan program Pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

"Pendampingan ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab moral Babinsa terhadap kesehatan warga di wilayah binaan," ujarnya.

Pihaknya juga berharap agar warga masyarakat turut andil dalam kegiatan kemanusiaan seperti kegiatan donor darah ini.

"Kami sangat berharap peran serta masyarakat untuk mau tulus dan ikhlas menyumbangkan darahnya demi kemanusiaan, karena setetes darah sangat berguna bagi orang yang membutuhkan transfusi darah," pungkas Danramil.

 

(R14)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar