Selasa, 11 April 2023

Babinsa Hadiri Mini Lokakarya Bangga Kencana Program Percepatan Penurunan Stunting


Cilacap - Babinsa Bantarsari Koramil 09/Kawunganten Serma Suwarno hadiri Mini Loka Karya (Minlok) Bangga Kencana tingkat Kecamatan Bantarsari "Program Percepatan Penurunan Stunting" yang dilaksanakan di Balai Penyuluh KB Bantarsari, Selasa (11/4/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Bantarsari Drs. Hari Winarno, M.Si, Babinsa Bantarsari Serma Suwarno mewakili Danramil 09/Kawunganten, Kapolsek Bantarsari Iptu Supriyatno, SH, Kepala KUA  Bantarsari Ahmad Toha, S.Ag, Koordinator Penyuluh KB Bantarsari Dra. Sri Sudi Lestari, Ketua TP PKK  Bantarsari Eriska Putri Mardhiani Hari Winarno dan Perwakilan UPTD Puskesmas Bantarsari Tri Wahyuningsih.

Camat Bantarsari Drs. Hari Winarno, M.Si dalam penjelasannya mengatakan bahwa target penurunan stunting tingkat Nasional adalah 14% sedangkan untuk tingkat kabupaten Cilacap sebesar 11%, selanjutnya selain memberikan tambahan makanan (PMT) dalam rangka menurunkan angka stunting beberapa langkah telah dilakukan oleh TPK di lapangan diantaranya pengecekan balita yang sakit agar segera diperiksakan, memberikan rasa nyaman kepada balita, memberikan edukasi kepada orang tua agar selalu memantau tumbuh kembang anak dan melakukan koordinasi dan komunikasi antara dinas instansi serta lembaga lainnya.

"Semoga dengan kerjasama yang baik, kita yakin bisa menekan penurunan stunting di angka 11%,"jelasnya.

Kemudian terkait perkembangan penurun stunting di wilayah Kecamatan Bantarsari, saya nilai sudah sangat baik hal itu berdasarkan pemberian PMT selama 90 hari dimulai pada Bulan Januari, Februari dan Maret dari 120 balita stunting sekarang tinggal 83 balita dengan rincian 71 anak atau 59,2% mengalami berat badan naik, 20,8% atau 25 anak berat badan terap dan sisanya 24 anak atau 20% mengalami berat badan turun.

"Semoga dengan kerja keras kita semua wilayah Kecamatan Bantarsari akan terbebas dari stunting di tahun 2024," pungkasnya.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, Danramil 09/Kawunganten melalui Babinsa Bantarsari Serma Suwarno menyatakan siap mendukung dan mensukseskan program Pemerintah yaitu bebas stunting tahun 2024 dengan melaksanakan pendampingan kegiatan Posyandu di wilayah Koramil 09/Kawunganten.

 

(R09)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar