Kamis, 20 April 2023

Pahami Kesulitan Masyarakat, Babinsa Komsos Dengan Pengrajin Gula Merah


Cilacap - Agar dapat mengetahui kesulitan-kesulitan masyarakat dalam menjalankan usaha di desa binaannya dengan harapan bisa memberikan solusi yang terbaik, Babinsa Panikel Serda Ronal Langlaku melaksanakan kegiatan silaturahmi sekaligus Komunikasi Sosial (Komsos) di rumah Sudiono salah satu pelaku usaha pengrajin Gula Merah yang berada Dusun Panikel RT 02 RW 07 Desa Panikel Kecamatan Kampunglaut, Kabupaten Cilacap, Rabu (19/4/2023).

Menurut Serda Ronal Langlaku, saat ini masyarakat yang berprofesi sebagai pengrajin gula merah (Penderes) cenderung berkurang karena masyarakat lebih banyak memilih untuk merantau keluar daerah padahal gula merah sangat dibutuhkan oleh manusia untuk dikonsumsi sebagai salah satu sumber kalori, selain itu juga bisa digunakan untuk keperluan industri akan tetapi dengan berkurangnya Penderes tentunya akan menurunkan jumlah produksi dan harga di tingkat konsumen menjadi mahal.

Menyadari hal tersebut, selaku Babinsa dirinya mempunyai kewajiban untuk membantu memotivasi para pengrajin yang masih ada agar terus menjalankan profesinya sebagai Penderes.

"Selain bersilaturahmi, kedatangan saya kesini agar bisa mengetahui kendala apa yang dihadapi para pengrajin gula merah sekaligus untuk memotivasi untuk terus menekuni profesinya," jelas Serda Ronal Langlaku.

Lebih lanjut disampaikan bahwa wilayah Kecamatan Kampunglaut salah satunya Desa Panikel mempunyai potensi untuk menjadi sentra pengrajin gula merah karena masih banyak lahan yang kosong yang bisa ditanami pohon kelapa untuk diambil Niranya sebagai bahan baku gula merah maupun diambil buahnya untuk dikonsumsi.

"Pada dasarnya pohon kelapa bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan dari mulai batangnya, buah, daun dan lainnya,” pungkas Babinsa.

(R09)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar