Rabu, 12 April 2023

Program Ketahanan Pangan Kodim 0703 Cilacap Lakukan Penyemaian Bibit Padi


Cilacap - Upaya mendukung ketahanan pangan nasional dilakukan Kodim 0703 Cilacap dengan menggandeng kelompok tani di wilayah binaan dengan memberdayakan lahan pertanian.

Seperti halnya kegiatan persiapan masa tanam padi di areal sawah Desa Maos Kidul yang merupakan wilayah binaan Koramil 07 Maos, Kodim 0703 Cilacap. 

Sekitar seminggu yang lalu Babinsa Koramil 07 Maos bersama petani desa setempat melakukan penyemaian bibit padi dan pada Rabu (12/04/2023) Babinsa Maos Kidul Serda Tofik mengecek langsung kondisi bibit  tanaman padi tersebut guna memastikan sudah tumbuh dengan baik dan tidak dirusak hama.

Dijelaskan Serda Tofik bahwa Kegiatan non Program Ketahanan Pangan Kodim 0703 Cilacap yang berlokasi di desa binaan di Desa Maos Kidul yang merupakan salah satu sentra komoditas padi di wilayah Kecamatan Maos dan wilayah dengan produksi padi terbesar di Kabupaten Cilacap.

"Adapun persiapan masa tanam, saat ini kami bersama warga yang tergabung dalam Kelompok Tani telah melakukan penyemaian bibit padi, yang kita siapkan untuk lahan  demplot seluas 2 hektar. Untuk bibit padinya kita pakai Varietas/Jenis bibit Protani Inpago," jelasnya.

Lebih lanjut ditambahkan, di wilayah Kecamatan Maos memiliki areal sawah yang sangat baik dari segi pengairan karena didukung oleh sistem irigasi yang mampu memenuhi kebutuhan pengairan di seluruh areal sawah. Di Wilayah Maos  tanaman padi sebagai salah satu komoditas pangan terutama penghasilan beras yang sangat produktif.

"Dengan kegiatan Ketahanan pangan Kodim 0703 Cilacap di wilayah Maos khususnya Desa Maos Kidul, Diharapkan akan semakin meningkat produktif padi guna mendukung program ketahanan pangan nasional," tandasnya.

 

Oke

Tidak ada komentar:

Posting Komentar