Kamis, 02 Februari 2023

Pasca Longsor, Babinsa Bersama Warga Kerja Bakti


Cilacap - Babinsa Koramil 14/Cimanggu Kodim 0703/Cilacap kembali melakukan penanganan bencana alam, pasca longsor yang terjadi pada hari Rabu (1/1/2023) sekira pukul 16.00 WIB, Yang diakibatkan oleh hujan dengan intensitas tinggi selama kurang lebih 3 jam, di Desa Negarajati dan Desa Bantarpanjang Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap.

Guna mempercepat penanganan pasca bencana tanah longsor, pihak Koramil 14/Cimanggu bersama warga melaksanakan kerja bakti membersihkan material longsoran di beberapa titik lokasi. Dimana beberapa rumah warga setempat dan jalan tertimpa longsor, Kamis (2/2/23)

Hadir dalam kegiatan tersebut Babinsa Koramil 14/Cimanggu Serka Mulyono dan Sertu Djoyo Hartono, Bhabinkamtibmas Polsek Cimanggu Bripka Praja, PSDA Erina, BPBD Afri, Satpol PP Kecamatan Cimanggu Maryanto dan Bagus, relawan serta masyarakat Desa Negarajati dan Bantarpanjang.

Peltu Endra Gunawan menjelaskan, cuaca yang kurang bersahabat di musim hujan tahun ini, mengakibatkan tanah longsor di beberapa daerah di Wilayah Kecamatan Cimanggu, di antaranya Desa Negarajati dan Desa Bantarpanjang.

"Terkait penanganan pasca bencana, saya sudah kerahkan para Babinsa untuk membantu Pemerintah Kecamatan dalam hal penanganan bencana longsor, "jelasnya.

Adapun anggota Koramil 14/ Cimanggu yang terlibat kerja bakti penanganan pasca longsor yaitu, Serka Mulyono dan Sertu Djoyo Hartono. Kegiatan kerja bakti yang kita motori tersebut merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat, guna mengatasi kesulitan rakyat yang tertimpa bencana.

"Tentu saja dengan kehadiran anggota TNI di lokasi bencana sangat berarti bagi warga, yang membuat mereka semakin semangat dalam melaksanakan kegiatan kerja bakti. Babinsa bersama-sama dengan warga ikut serta dalam pembersihan material sisa longsoran tanah,"imbuhnya.

Adapun warga Desa Negarajati yang rumahnya longsor miliki Ibu Carwi (45) yang beralamat di Dusun Telaga Sari RT 06 RW 01, dimana  Turap pondasi kamar mandi bagian samping rumah mengalami longsor (ambrol) ke bahu jalan setinggi 3 m dan lebar 5 m. Sedangkan untuk wilayah Desa Bantarpanjang ada beberapa titik lokasi longsor, di antaranya rumah milik Ibu Watonah (54) yang beralamat di Dusun Cibubuay RT 01 RW 03, dimana tebing setinggi kurang lebih 10 m dan lebar 6 m longsor menimpa rumah bagian belakang. Demikian juga rumah milik Dursin (60) Dusun Sindanghaji RT 01 RW 04, tebing setinggi 3 m dan lebar 7 m longsor menimpa rumah bagian belakang, selain itu juga Jalan Dusun  Bantar Panjang RT 03/02, tertimbun tanah longsor dengan ketinggian kurang lebih 4 m dan lebar 5 m, serta pohon tumbang yang melintang di atas bahu jalan.

"Kami dari Koramil 14/ Cimanggu terus bersinergi dengan pihak-pihak terkait, dalam membantu menangani bencana alam yang terjadi di wilayah Kecamatan Cimanggu. Aparat Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, BPBD, PSDA, relawan dan warga masyarakat bahu membahu bergotong royong dalam membersihkan material longsor di Dusun tersebut,"tandasnya.

 

(R14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar