Kamis, 16 Februari 2023

Program Ketahanan Pangan Kodim 0703 Cilacap, Upaya Mencegah Stunting di Desa Caruy


Cilacap - Kegiatan Program Ketahanan Pangan Kodim 0703 Cilacap dengan mengolah lahan milik TNI AD di Desa Caruy, Kecamatan Cipari menjadi lahan produktif dan berhasil guna masih terus berlanjut.

Berdasarkan laporan kegiatan Perkembangan Ketahanan Pangan Kodim 0703 Cilacap pada Minggu kedua Bulan Februari 2023, Kamis (16/02), tanaman jagung yang ditanam Babinsa dan petani warga Caruy telah memasuki usia 73 hari.

Tanaman jagung hibrida varietas Red 7 yang ditanam di area lahan TNI AD seluas 2,5 hektar tersebut telah berbuah dan saat ini masih dipantau dan dirawat secara intensif perkembanganya.

Koordinator Program Ketahanan Pangan wilayah Cipari dalam hal ini Danramil 11/Sidareja Kapten Inf Agus Wantoro mengatakan upaya memberdayakan lahan tidur yang ada di wilayah Desa Caruy untuk program ketahanan pangan sudah mulai menunjukan tanda tanda keberhasilan, yaitu tanaman jagung sudah mulai berbuah secara merata.

"Program ketahanan pangan dengan penanaman jagung sudah dilakukan beberapa kali di lahan TNI AD di Desa Caruy, seperti halnya penanaman pertama di atas lahan 2,5 hektar juga sudah dipanen lebih awal. Saat ini tanaman jagung yang kami targetkan bisa dipanen pada akhir bulan Februari,"katanya.

Lebih lanjut, dengan adanya program ketahanan pangan di Desa Caruy telah memberikan dampak positif bagi warga setempat, dengan bertambahnya taraf hidup dan perekonomian masyarakat.

"Selain itu, upaya meningkatkan ketahanan pangan juga erat kaitanya dengan peningkatan gizi anak guna mencegah stunting. Jadi melalui ketahanan pangan diharapkan dapat meningkatkan asupan gizi anak dan memberi dampak signifikan pada penanganan Stunting khususnya di Desa Caruy,"harapnya.

 

(Oke)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar