Rabu, 01 Februari 2023

Program Pemerintah, Babinsa Dampingi Pemdes Cilibang Giatkan PMT Bagi Anak Stunting


Cilacap - Stunting menjadi salah satu permasalahan nasional yang harus segera diselesaikan mulai dari pusat hingga ke daerah terutama di pedesaan. Di beberapa desa di wilayah Kecamatan Jeruklegi, ada beberapa anak balita yang pertumbuhannya terhambat atau mengalami stunting. Salah satunya di Desa Cilibang, ada 13 anak yang dinyatakan stunting.

Guna mengatasi hal tersebut, pemerintahan Desa Cilibang mengadakan kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) I kepada anak anak balita yang dinyatakan mengalami stunting yang digelar di Balai Desa Cilibang Kecamatan Jeruklegi, Rabu (01/02/2023).

Dalam kegiatan tersebut juga dipantau dan dihadiri Camat Jeruklegi Rosikin, S.Sos., Kepala UPTD Jeruklegi II drg. Pustikasari beserta petugas medisnya, serta dihadiri Kepala Desa Cilibang Purnomo Edy, SH beserta Ketua Tim Penggerak PKK dan Kader Posyandu serta Babinsa Cilibang Koramil 02 Jeruklegi Sertu Urip Ashari. 

Dalam sambutannya, Kepala Desa Cilibang Purnomo Edy menghimbau kepada para ibu yang anaknya mengalami stunting agar lebih ekstra memperhatikan asupan gizi anaknya serta beberapa hal yang menyebabkan anak mengalami stunting. Selain itu, kegiatan yang saat dilakukan merupakan upaya pemerintah dan dalam 90 hari kedepan akan dipantau perkembangannya.

"Untuk pemberian makanan tambahan nanti akan dilakukan secara rutin. Untuk hari Senin dan Jumat, dilaksanakan di Balai Desa, Selasa, Rabu dan Kamis sambil menunggu nanti dilaksanakan di Posko masing masing RW, dengan demikian diharapkan anak anak balita desa Cilibang yang mengalami stunting dapat diketahui perkembangannya karena setiap minggunya akan kita laksanakan penimbangan," Jelas Kades Cilibang.

Sementara itu dalam kunjungannya di Balai Desa Cilibang, Camat Rosikin menjelaskan bahwa PMT ini merupakan program nasional yang harus dilaksanakan, perintah presiden melalui gubernur, bupati, camat dan seterusnya dengan harapan mudah mudahan tidak sampai 90 hari, nanti 2 Minggu ditimbang, tidak stunting lagi.

Stunting tidak hanya dikarenakan kurang asupan gizi, namun ada faktor lain menjadi penyebab kenapa anak mengalami stunting. Namun juga dikarenakan pola asuh. Makanya dari itu oleh para Kades di program, dijadwalkan dan makan di Balai Desa, agar bisa diketahui mengenai pola asuh terhadap anak anaknya. 

Penanganan stunting itu penting karena anak anak adalah generasi masa depan. Apabila semua sehat, maka masa depan bangsa akan terjamin. Untuk itu terima kasih atas kerjasamanya, mudah mudahan penanganan stunting ini berhasil. Ini hari pertama di desa Cilibang dan pelaksanaan pemberian makanan tambahan harus rutin," Jelas Camat Rosikin.

Diakhir kegiatan, setiap anak yang mengalami stunting mendapatkan makanan tambahan dan secara bersama sama diusulkan oleh para ibu-ibu ke anaknya masing masing dan dipantau langsung oleh Camat, Kepala UPTD Puskesmas II, Kades, Babinsa, dan Para Kader.

 

(R02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar