Rabu, 01 Februari 2023

Perkembangan Tanaman Jagung Awal Februari 2023


Cilacap - Perkembangan tanaman jagung program Ketahanan Pangan Kodim 0703 Cilacap pada awal bulan Februari tahun 2023, yang berlokasi di Dusun Karang Jambu, Desa Caruy, Kecamatan Cipari, pada Rabu (01/02) telah memasuki umur 60 hari.

Lahan milik TNI AD seluas 5 hektar tersebut telah ditanam bibit jagung varietas jagung hibrida Red 7 dalam 2 tahap, adapun bibit yang ditanam tahap pertama di atas  lahan seluas 2,5 hektar telah dipanen lebih awal. Sedangkan lahan yang 2,5 hektar lagi, saat ini masih dalam masa perawatan.

Upaya meningkatkan produktivitas jagung di Desa Caruy adalah bagian dari upaya mendukung ketahanan pangan nasional dalam mencapai kedaulatan pangan baik itu padi, jagung dan kedelai (pajale) dihadapkan pada situasi global saat ini dimana di beberapa negara tengah mengalami resesi, krisis energi dan pangan.

Upaya yang dilakukan Kodim 0703 Cilacap adalah dengan memberdayakan semua lahan milik TNI AD yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap untuk diolah dan dimanfaatkan oleh masyarakat petani bersama Babinsa setempat guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Terpisah, Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0703 Cilacap Kapten Inf Saidin selaku Koordinator Kegiatan Ketahanan Pangan di wilayah Kabupaten Cilacap menegaskan kegiatan ketahanan pangan merupakan instruksi dari pimpinan TNI AD agar memberdayakan lahan milik TNI AD yang ada di Satuan untuk kesejahteraan rakyat.

"Terkait lahan kita yang ada di Desa Caruy sudah beberapa kali kita tanam dan Panen. Nah, untuk yang ada saat ini seluas 2,5 hektar masih kita rawat dan perkembanganya kita laporkan setiap Minggu kepada pimpinan," tegasnya.

Dari laporan Tim lapangan di Desa Caruy, perkembangan tanaman jagung cukup baik meskipun posisinya diatas lahan perbukitan namun relatif subur.

"Perkembangan tanaman jagung sampai dengan Minggu pertama atau awal bulan Februari sudah berumur 60 hari, dengan ketinggian mencapai 150-200 cm, pertumbuhan normal dan masih intensif perawatan agar tetap terjaga pertumbuhanya dan bisa dipanen sesuai rencana pada akhir bulan ini," harapnya.

 

(Oke)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar