Jumat, 24 Februari 2023

Rehabilitasi Pesisir Pantai Bunton, Babinsa Kodim 0703 Cilacap dan Perhutani Tanam 1500 Pohon Cemara Laut


Cilacap - Upaya bersama dalam merehabilitasi kawasan pesisir pantai Bunton yang rusak akibat abrasi laut, Babinsa Koramil 08 Adipala, Kodim 0703 Cilacap turut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman pohon Cemara laut (Casuarina equsisetifolia) yang diselenggarakan Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jateng Wilayah VI, berlokasi di Pesisir Pantai Indah Bunton, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Kamis (23/02).

Tampak hadir, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Prov. Jateng Wilayah VI Endang Puji Priyatningsih, SE, Camat Adipala Drs. Teguh Prastowo, M.Si, Batuud Koramil 08/Adipala Peltu Wahidin, Babinsa Bunton Sertu Kuswanto, Babinpotmar lanal Cilacap Serda Iswahyudi, Bhabinkamtibmas Aiptu Iwan S,  Kepala BKSDA Kab. Cilacap Dedi Kusyanto, Kades Bunton Sudin beserta Perangkat Desa dan PPL Bunton, penyuluh kehutanan, Kelompok Tani Wana Lestari dan Ibu - ibu PKK Desa Bunton.

Kegiatan diawali dengan pemberian bibit pohon Cemara Laut secara simbolis oleh Kepala Cabang Dinas Kehutanan Prov. Jateng Wilayah VI Endang Puji Priyatningsih, SE kepada warga atau perwakilan Kelompok Tani Desa Bunton dan sekitarnya.

Adapun Kelompok Tani yang menerima bantuan pohon Cemara laut diantaranya, Kelompok Tani Wana lestari Desa Bunton sebanyak 1500 batang, Kelompok Tani Wanatani Terpadu Desa Karang Benda sebanyak 1000 batang dan Kelompok Tani Budijaya Desa Welahan Wetan sebanyak 500 Batang pohon Cemara Laut.

Dalam sambutannya Kepala Cabang Dinas Kehutanan Prov Jateng Wilayah VI Endang Puji Priyatningsih, SE menghimbau kepada Kelompok Tani untuk memelihara pohon cemara laut yang telah tanam, pihaknya dari Dinas Kehutanan Provinsi Jateng selalu mendukung kelestarian lingkungan khususnya di wilayah Kecamatan Adipala.

"Kami dari Dinas Kehutanan Provinsi Jateng telah memberikan bantuan pohon Cemara Laut kepada 3 kelompok tani di wilayah Kecamatan Adipala, untuk program rehabilitasi lahan diluar kawasan hutan negara. Harapan kami semoga bantuan pohon ini bisa melestarikan alam dan bermanfaat untuk masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Drs. Teguh Prastowo, M.Si berpesan hendaknya kegiatan penanaman pohon di wilayah Desa Bunton dan desa lainya jangan sampai hanya sekedar formalitas saja, akan tetapi harus ada komitmen, harus ada pemeliharaan lebih lanjut agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

"Tanaman yang sudah ditanam maka kita pelihara, karena kalau habis ditanam tanpa ada pemeliharaan maka tanaman Cemara akan mati baik karena  faktor alam dan sebagainya dan perlu adanya penanaman ulang. Mari kita hijaukan Indonesia dengan kegiatan menanam pohon yang bermanfaat untuk kelestarian alam dan bermanfaat untuk masyarakat,"ajaknya Camat Adipala.

Sementara itu, Komandan Kodim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P., M.I.P melalui Bati Tuud Koramil 08 Adipala Peltu Wahidin mengatakan Kecamatan Adipala memiliki garis pantai yang panjang mulai dari Desa Bunton, Desa Karangbenda, Desa Welahan, dan wilayah ini sangat berpotensi adanya bencana alam gempa tsunami.

Kodim 0703 Cilacap melalui Koramil 08 Adipala juga telah melaksanakan program penghijauan disepanjang Pantai tersebut tapi karena faktor alam seperti Abrasi dan air pasang/rob sebagian tanaman mati dan perlu rehabilitasi.

Garis Pantai yang ditanami pohon Cemara Laut merupakan upaya menjaga kelestarian dan ekosistem, upaya mitigasi agar di masa depan digunakan sebagai benteng alam untuk mencegah dan menghambat ombak atau gelombang tsunami.

"Kami sangat berterima kepada Perhutani yang telah mengalokasikan bantuan bibit pohon Cemara laut untuk program penghijauan dan merehabilitasi pohon yang sudah mati dan bersama sama menghijaukan garis pantai pesisir Adipala, kami berharap dalam jangka panjang semoga tanaman ini bisa bermanfaat bagi masyarakat" tandasnya.

 

(Oke)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar