Senin, 06 Februari 2023

Rumkitban Cilacap Laksanakan Kegiatan Sosialisasi Kesehatan Penyakit Degeneratif


Cilacap - Rumkitban 04.08.01 melaksanakan kegiatan penyuluhan atau sosialisasi kesehatan tentang dampak Penyakit Degeneratif kepada para personel TNI dan PNS di lingkungan Kodim 0703/Cilacap bertempat di Aula Satya Kartika Jl. Jenderal Sudirman No. D 1 Cilacap, Senin (6/2/2023)

Sosialisasi kesehatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Rumkitban 04.08.01 Cilacap Lettu Ckm dr. Achmad Dodi M di dampingi personel Nakes.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka upaya untuk mensosialisasikan kepada Prajurit dan PNS TNI tentang bahaya penyakit Degeneratif serta upaya pencegahan dalam menjaga pola makan dan pola hidup yang lebih sehat. Materi yang disampaikan beberapa penyakit yang umum dialami seperti penyakit Diabetes Mellitus (DM), Jantung Koroner dan Hipertensi.

Karumkit mengatakan bahwa penyakit-penyakit ini digolongkan kedalam penyakit degeneratif atau penyakit yang disebabkan karena kemunduran fungsi-fungsi organ-organ tubuh manusia dikarenakan semakin bertambah usia yang lazimnya di alami di usia sekitar 40 tahun ke atas apabila tidak melaksanakan pola hidup dan pola makan yang sehat dan teratur.

"Kami melaksanakan Kegiatan penyuluhan kesehatan materi penyakit degeneratif ini kepada para Prajurit dan PNS TNI agar dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman seputar penyakit-penyakit degeneratif seperti Hipertensi, DM dan Penyakit Jantung Koroner, agar dapat mengantisipasi dan melaksanakan upaya pencegahan penyakit dan deteksi penyakit sedini mungkin." ujar Lettu Ckm dr. Achmad Dodi M.

Senada dengan hal tersebut  Prajurit dan PNS TNI yang mengikuti penyuluhan kesehatan merasa senang dan mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan menjadi tau mana yang mitos dan fakta seputar penyakit degeneratif.

Salah satu peserta Sertu Yahya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. "Kebetulan kami mengidap penyakit Hipertensi sehingga jadi tahu bagaimana seharusnya penanganan hipertensi,"ujarnya.

Kegiatan penyuluhan berlangsung dalam keadaan aman dan lancar. peserta sangat antusias mengikuti penyuluhan dan melaksanakan Sesi tanya jawab dengan aktif.

 

(Rumkitban)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar