Senin, 27 Maret 2023

Anggota Koramil 05/Nusawungu Melaksanakan Pengolahan Tanah Dengan Menggunakan Traktor R.4 Percepatan Tanam MT 2 Desa Karangpakis.


Cilacap - Babinsa Desa Karangpakis Serka Bahrul.U Bersama Koordinator PPL BPP kecamatan Nusawungu Aries Prasetya, SP melaksanakan kegiatan Percepatan Tanam MT 2 dengan Menggunakan Traktor Roda 4, Kelompok Tani Bina karya (Marsudi) RT 08/09 Desa Karangpakis kecamatan Nusawungu kabupaten Cilacap, Senen (27/03).

Membajak sawah adalah suatu kegiatan yang dilakukan petani untuk menggemburkan lahan sebelum masa tanam, Babinsa Desa Karangpakis Serka Bahrul bersama Koordinator PPL BPP kecamatan Nusawungu Aries Prasetya, SP dan Ketua Gapoktan Marsudi turun membantu membajak sawah menggunakan traktor Roda 4, mulai dari pembajakan atau penyiapan lahan yang akan ditanami, pembibitan sampai dengan nanti saat panen guna mendukung program ketahanan pangan nasional dan percepatan masa tanam, memberikan motivasi kepada para petani agar segera mengolah sawahnya untuk mempercepat masa tanam.

Hal itu, dilakukan karena kebiasaan para petani setelah masa panen kadang terlambat mengolah kembali lahan sawahnya dengan alasan dan kesibukkan menjemur padi atau gabah hasil panen, dan disosialisasikan agar lahan tidak terbengkalai begitu saja sehingga tidak ada lahan yang nganggur. sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab Babinsa selain mendampingi para petani juga bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah sehingga tercapai program dari pemerintah untuk swasembada pangan secara nasional.

Ucapan terimakasih pada Babinsa Desa Karangpakis dan Koordinator PPL BPP kecamatan Nusawungu ikut membajak sawah kami, sehingga kelompok tani kami semakin bersemangat untuk percepatan masa tanam, semoga hasil panen kami nanti akan semakin melimpah, ungkap ketua Gapoktan warsudi, selama kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.




 (R.05)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar