Rabu, 08 Maret 2023

Babinsa Dampingi Kader Posyandu, Program Penerima PMT Stunting


Cilacap - Upaya membantu penanganan Stunting di wilayah Kecamatan Karangpucung, Babinsa Cidadap, Koramil 15 Karangpucung Serda Patmono melaksanakan pendampingan kegiatan Program penerima PMT untuk Stunting yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Cidadap, Kecamatan Karangpucung, bertempat  Balai Desa setempat, Selasa (07/03).

Kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Stunting dihadiri oleh Perangkat Desa Cidadap, Kader Posyandu dan balita penerima PMT yang didampingi orangtua.

Sebelum melaksanakan PMT, Babinsa membantu kader Posyandu dalam menyiapkan menu yang akan disajikan, setelah makanan siap kemudian dimasukkan kedalam wadah yang telah disiapkan, yang akan diberikan kepada anak anak.

Babinsa Cidadap Serda Patmono menuturkan Program Penerima PMT Stunting di wilayah Kecamatan Karangpucung khususnya wilayah binaanya Desa Cidadap sudah dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan.

Program PMT merupakan salah satu upaya untuk penanganan stunting dengan memperbaiki pola makan balita dengan mencukupi kebutuhan gizinya, dengan makanan yang cukup protein dan vitamin yang dibutuhkan bagi masa pertumbuhanya.

"Menu makanan tambahan yang diberikan kepada balita juga bervariasi, untuk hari ini kita sajikan Nasi, Sayur bening, ayam semur, Tempe, buah dan Susu Yakult. Pemberian makanan yang bervariasi akan menambah selera makan sehingga balita tidak bosan dengan menu makanan yang dikonsumsi sehingga lebih semangat makanya," tuturnya.

Program PMT bagi Balita diharapkan dapat mencegah Stunting. Tujuan dari PMT ini adalah untuk meningkatkan asupan gizi anak, sehingga balita yang beresiko Stunting menjadi lebih sehat dan tumbuh kembangnya lebih baik sesuai umur anak sebayanya. 

Tak kalah penting adalah pola asuh bagi balita Stunting, dengan memberikan perhatian sehingga dapat memperbaiki kondisi fisik dan psikologis anak. 

"Apabila seluruh wilayah mampu meningkatkan kualitas kesehatan balitanya maka kedepan tidak ada lagi anak Stunting dan anak anak akan menjadi generasi sehat dan berprestasi," harapnya.

 

(Oke)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar