Kamis, 16 Maret 2023

Asah Binter Babinsa, Kodim 0703 Cilacap Gelar Latihan Teknis Teritorial Tahun 2023


Cilacap - Dalam rangka mengasah kemampuan Babinsa sebagai ujung tombak Pembinaan Teritorial (Binter) TNI AD, Kodim 0703 Cilacap menggelar kegiatan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) Tahun 2023. Sesuai program kerja Bidang Operasi, Kegiatan Latnister dilaksanakan selama 10 hari, dimana Latihan Teknis dan Teori dilaksanakan di halaman Makodim dan Aula Satya Kartika Kodim 0703 Cilacap serta Latihan Aplikasi ke wilayah Koramil jajaran terdekat, Kamis (16/03).

Latnister Tahun 2023 Kodim 0703 Cilacap diawasi langsung oleh Tim Wasev Korem 071/Wijayakusuma dalam hal ini Kasiops Mayor Inf Afdhal bersama Bintara Stafnya, sementara dari Wasev Kodim sendiri yaitu Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0703 Cilacap Mayor Inf Saeroji. 

Bertindak selaku Komandan Latihan (Danlat) Kapten Kav Nursohib Anshori, Wadanlat Kapten Chb Gunawan Sasmita,.SH, Sipamopslat Kapten Chb Sutarman,.SH, Tim Asnik Kapten Inf Saidin, Koordinator Materi (Koormat) diantaranya Kapten Inf Jurizal, Kapten Cba M.Isa Saefudin, Kapten Inf Joko Setiarto, Lettu Inf Sawijan dan Letda Czi Gunadi serta para peserta perwakilan Babinsa dari seluruh Koramil jajaran.

Adapun Latihan Teknis Teritorial menggunakan metode Teori berupa materi, Praktek dan Aplikasi. Beberapa materi latihan teritorial yang diberikan kepada peserta latihan antaralain materi pembinaan ketahanan wilayah, materi pembinaan Bhakti TNI, materi pembinaan Komunikasi Sosial, 5 Puan Ter, Sisrendal Binter, Puldata Ter, Sikap Ter, dan materi teritorial lainya.

Dalam latihan ini juga diberikan praktek Komunikasi Sosial dan praktek tentang Permildas (Baris berbaris dan Penghormatan Militer) sebagai bekal bagi Babinsa sebagai pembina wilayah utamanya melatih di lingkungan sekolah, instansi maupun organisasi masyarakat.

Beberapa sasaran Latihan Aplikasi materi Latnister berlokasi diantaranya wilayah Koramil 01/ Kota Cilacap yaitu Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan dan wilayah Koramil 18/Cilacap Utara yaitu di Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara.

Langsung di lokasi latihan, Tim Wasev Korem 071 Wijayakusuma dalam hal ini Kasiops Mayor Inf Afdhal mengatakan Latihan Teknis Teritorial merupakan Latihan yang diselenggarakan secara terprogram dengan tujuan memelihara dan meningkatkan Satuan Kewilayahan dalam pembinaan Teritorial dan memberi bekal kepada para Babinsa agar mampu melaksanakan tugas di wilayah dengan baik dan benar sesuai harapan pimpinan.

"Sebagai seorang Babinsa harus aktif di masyarakat, mengerti tugasnya, bisa menguasai wilayah dan mampu mengaplikasikan ilmu teritorial sesuai kondisi wilayah binaanya," katanya.

Selain itu, dalam pelaksanaan tugas di lapangan, Babinsa harus paham dengan dasar hukum kita yaitu UU TNI No. 34 tahun 2004 sehingga tahu tugas pokoknya apabila ditanya oleh instansi pemerintahan dan masyarakat.

"Pahami pengetahuan tentang pemerintah desa, dengan belajar dengan mencari referensi di media sosial, saling tukar informasi, diskusi dengan Babinsa lainnya tentang permasalah di desa binaaan. Update aturan atau kebijakan terbaru sehingga bisa bicara di depan masyarakat dengan dasar yang benar/valid, karena Babinsa adalah corong dalam menyampaikan program pemerintah," harapnya.

Lebih lanjut , "Saya berpesan saat bermasyarakat bisa mengontrol emosi, mengatur waktu agar bisa mengamankan diri dan keluarga. Babinsa juga harus saling mengingatkan dalam pelaksanaan tugasnya. Jaga keamanan saat latihan dan lakukan latihan dengan ikhlas dan semangat," tutupnya.

 

(Oke)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar