Rabu, 15 Maret 2023

Jaga Ekosistem Alam, 2000 Batang Pohon Mangrove Ditanam di Desa Tritih Lor


Cilacap - Hutan mangrove menjadi sumber yang sangat jelas untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat. Selain manfaat tersebut, hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman untuk mencegah bencana alam.

Berbatasan dengan wilayah pantai, hal inilah yang mendasari Kodim 0703 Cilacap untuk terus bersinergi dengan instansi terkait dan komunitas masyarakat di wilayah Kabupaten Cilacap untuk berupaya dalam pelestarian mangrove. 

Salah satunya yang saat ini dilakukan oleh Koramil jajarannya yaitu Koramil 02/Jeruklegi, Cilacap (15/03/2023). Bersama pihak PSDA Jawa Tengah, Dinas Kehutanan dan IOF Kabupaten Cilacap, sebanyak 2000 batang pohon mangrove ditanam di wilayah Petak 53-4, Dusun Tunggul Wulung, Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap.

Kegiatan dipimpin langsung Danramil 02 Jeruklegi Kapten Kav Nur Shohib Ansori, Ketua IOF Kabupaten Cilacap Jambul Pribadi, serta perwakilan BKSDA Jateng Teguh Arifianto. Juga dihadiri perwakilan Cabang Dinas Kehutanan Wil. 6 Leo, Kepala Resort Polisi Hutan/KRPH Tritih Kulon Agus, dari Perhutani Kabupaten Cilacap Srimuji, dan diikuti oleh Perwakilan Bank Gunung Slamet, Anggota IOF Kabupaten Cilacap, Perwakilan Ighopala, Mahapala Bumi Brebes dan Perwakilan SMK 2 Cilacap.

Dalam sambutannya, Danramil Kapten Kav Nur Shohib Ansori mengemukakan, secara fisik mangrove berfungsi menjaga garis pantai agar tetap stabil, melindungi pantai dan tebing sungai, mencegah terjadinya abrasi pantai, melindungi daerah di belakangnya dari hempasan gelombang dan angin kencang, serta mencegah intrusi air garam ke arah darat. 

" Secara khusus hutan mangrove juga berguna sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah, mempercepat perluasan lahan, mengolah limbah organik, dan sebagainya sehingga sangat penting bagi kita untuk menjaga kelestarian mangrove di wilayah Kabupaten Cilacap," Ungkapnya.

Melalui kegiatan ini, kita juga mengajak generasi muda, untuk mengenal secara luas. Kita juga memberikan edukasi, juga mengajak dan menyadarkan kepada masyarakat bahwa mangrove memiliki bermanfaat yang sangat banyak sehingga marilah kita mencintai pohon mangrove dan melestarikannya," Tandas Danramil. 

 

(R02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar