Senin, 20 Maret 2023

Babinsa Motori Pengecoran Jalan Setapak Di Dusun Muara Dua


Cilacap - Melihat kondisi jalan setapak di Desa binaannya yang masih berupa tanah dan berlumpur saat musim hujan, Babinsa Klaces Koramil 09/Kawunganten Serda Ronal LangLaku motori pengecoran jalan setapak di RT 03 RW 04 Dusun Muara Dua Desa Panikel Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Senin (20/3/23).

Kegiatan diawali dengan penggalan dana dari perorangan, para donatur maupun dari komunitas pemancing lokal maupun luar daerah seperti Purwokerto, Purbalingga, Majenang, Jogja, Solo dan Tasikmalaya Jawa Barat serta daerah lainnya yang melakukan aktivitas memancing di Desa Panikel.

"Setelah dana terkumpul, kami bersama-sama masyarakat melaksanakan tahap pendistribusian material melalui jalur air menggunakan perahu karena hanya itu satu satunya akses jalan yang bisa dilalui dilanjutkan tahap pekerjaan secara bergotong royong atau kerja bakti", jelas Serda Ronal LangLaku.

Lebih lanjut dijelaskan, jalan setapak yang terletak di kanan kiri Empang merupakan akses utama masyarakat dalam beraktivitas khususnya warga RT 03 RW 04 Dusun Muara Dua termasuk lalu lintas anak-anak menuju ke sekolah walaupun disaat musim penghujan kondisinya sangat memprihatinkan dan sukar dilalui baik dengan jalan kaki maupun menggunakan sepeda ontel karena berlumpur dan tergenang air hujan.

Jika kondisi memungkinkan, anak-anak menuju ke sekolah menggunakan perahu, tapi jika airnya deras mereka tidak bisa berangkat, kalau airnya surut mereka terlambat ke sekolah karena perahunya kandas.

"Untuk tahap awal volume pekerjaan yaitu panjang 3 KM, lebar 60 CM dan ketebalan sekitar 12 CM serta direncanakan akan dilebarkan menjadi 120 CM agar mudah saat berpapasan", lanjutnya.

"Selaku Babinsa saya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kepedulian dan sumbangsih semua elemen masyarakat atas terlaksananya kegiatan ini, semoga kedepan bisa terus ditingkatkan sehingga bisa mendongkrak roda perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan semangat menempuh pendidikan bagi putra dan putri di Dusun Muara Dua Desa Panikel", harap Serda Ronal Langlaku.

 

(R09)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar