Rabu, 08 Maret 2023

Panen Raya Jagung Program Ketahanan Pangan Kodim 0703 Cilacap


Cilacap - Setelah menunggu tiga bulan lamanya, akhirnya Kodim 0703 Cilacap beserta petani Desa Caruy bisa melaksanakan Panen Raya Jagung Program Ketahanan Pangan yang berlokasi di atas areal lahan milik TNI AD di Desa Caruy, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap, Rabu (08/03).

Panen Raya Jagung Program Ketahanan Pangan Kodim 0703 Cilacap dihadiri oleh perwakilan Dinas Pertanian Kecamatan Cipari, anggota Staf Teritorial Kodim 0703 Cilacap, para Babinsa Koramil 11 Sidareja dan warga yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Desa Caruy.

Secara terpisah Koordinator Program Ketahanan Pangan di wilayah Kecamatan Cipari dalam hal ini Danramil 11 Sidareja Kapten Inf Agus Wantoro menjelaskan Areal Lahan milik TNI AD di Desa Caruy seluas 5 hektar, yang saat ini telah ditanami jagung seluas 2,5 hektar dan sudah memasuki masa panen.

"Kami sangat bersyukur karena mulai hari ini Rabu, 8 Maret 2023 kegiatan panen raya bisa dilaksanakan, rencananya panen kita laksanakan sampai tanggal 13 Maret 2023. Kita berharap provitas jagung yang kita panen bisa sesuai harapan dan hasilnya bisa untuk menutupi biaya produksi dan perawatan yang selama beberapa bulan ini kita lakukan," jelasnya.

Lebih lanjut, nantinya jagung hasil program Ketahanan Pangan Kodim 0703 Cilacap akan dipasarkan ke petani yang ada di Desa Caruy. Saat ini harga jagung Rp. 4.500,-/Kg ( Dalam keadaan jagung pipilan kering dengan kadar air 15% ). Serapan hasil panen jagung diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Hal ini selaras dengan tema yang diusung dalam kegiatan Program Ketahanan Pangan Kodim 0703 Cilacap yaitu "Mewujudkan Binter dalam pemulihan ekonomi dan reformasi melalui pembinaan ketahanan pangan di wilayah".

"Kami berharap dengan program ketahanan pangan ini dapat meningkatkan pendapatan dan taraf hidup masyarakat di wilayah Desa Caruy dan secara umum di Kecamatan Cipari. Selain itu kegiatan pertanian yang kita lakukan juga menjadi sarana untuk melakukan pembinaan teritorial dengan masyarakat, kaitanya guna menciptakan kemanunggalan TNI Rakyat, kita bersama rakyat membangun dan menjaga kedaulatan negara,"pungkasnya.

(Oke)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar