Jumat, 10 Maret 2023

Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sungai


Cilacap - Babinsa Rawajaya Koramil 09/Kawunganten Serma Suwarno ikuti "Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sungai Cimeneng" oleh Balai PSDA Serayu Citanduy yang dilaksanakan di Balai Desa Rawajaya Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jumat (10/3/2023).

Kegiatan dihadiri Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dari komisi D H. Ikhwan, SH., MH dan Samirin, SH., Kepala Balai PSDA Serayu Citanduy Kusdwiyanto ST.M.Eng, Camat Bantarsari Drs. Hari Winarno, M.Si, Babinsa Rawajaya Serma Suwarno, Babinkamtibmas Rawajaya Bripka Afik Noto Susanto, Kades se Kecamatan Bantarsari, Sekdes Rawajaya Nurohman, SH, Kepala UPT BPBD Sidareja Agus, Kadus se Desa Rawajaya dan Perwakilan tokoh masyarakat.

Kepala Balai PSDA Serayu Citanduy Kusdwiyanto ST.M.Eng dalam sosialisasinya mengatakan bahwa dengan sosialisasi diharapkan masyarakat akan lebih tahu dan paham akan tugas dan fungsi serta kegunaannya Dinas PSDA. Kesempatan ini juga akan disosialisasikan tentang pengelolaan sungai yang melibatkan masyarakat secara langsung sehingga dengan kerjasama yang baik akan meminimalisir bencana yang diakibatkan aliran sungai.

"Kebetulan saat ini dihadiri langsung oleh anggota DPRD Provinsi Jateng Komisi D dan dari BBWS Citanduy yang membidangi secara langsung, jadi silahkan nanti dari masyarakat menyampaikan setiap kendala dan permasalahan di lapangan dalam pengelolaan aliran sungai",ucapnya.

Nantinya lanjut Kusdwiyanto, setiap permasalahan dan kendala tentang aliran sungai pasti akan selalu direspon dan ditindaklanjuti oleh PSDA dalam hal ini ranah kerjanya BBWS Citanduy, untuk itu mohon untuk masyarakat dapat menjaga aliran sungai dengan cara jangan membuang sampah ke aliran sungai dan jangan menanami tanaman di bantaran tanggul sungai yang mengakibatkan terkikisnya tanggul dan  mengakibatkan bencana banjir.

BBWS Citanduy merespon usulan dari masyarakat untuk normalisasi sungai dari hilir sampai hulu, contohnya sungai Cimeneng hulunya sudah tinggi kalau tidak dinormalisasi akan mengakibatkan air meluap jika terjadi hujan.

"Terimakasih semoga apapun yang diawali dengan kebaikan tentunya akan menghasilkan yang terbaik", pungkasnya.

 

(R09)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar