Senin, 06 Maret 2023

Tim Binkom Sintelad Laksanakan Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial di Kodim 0703 Cilacap


Cilacap - Tim Binkom Sintelad Mabesad yang dipimpin Kolonel Inf R. Moch. Iskandarmanto, S.E melaksanakan kegiatan Pembinaan Komunikasi (Binkom) Cegah Konflik Sosial yang diselenggarakan Kodim 0703 Cilacap, bertempat di Aula Satya Kartika Kodim, Jln. Jenderal Sudirman No.D-1 Cilacap, Senin (06/03).

Tim Binkom Sintelad Mabesad diantaranya Kolonel Inf. R. Moch. Iskandarmanto, S.E, dengan anggota Kaugar Spaban 1/Ren Sintelad Kapten Cku. Santoso, S.E dan Baru Data Spaban 1/Ren Sintelad Serda Mantoni.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi S.I.P, M.I.P, Pemateri Wasbang Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf. Saeroji dan pemateri Konflik Sosial dalam hal ini Sekretaris Kesbangpol Cilacap Martono, para Perwira Staf dan peserta kegiatan Binkom yang terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Organisasi, akademisi dan undangan lainya wilayah Cilacap.

Dalam sambutanya Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi S.I.P, M.I.P mengatakan Kegiatan Pembinaan Komunikasi (Binkom) yang dalam hal ini dari Mabesad merupakan upaya membantu cegah konflik di wilayah Kodim 0703/Cilacap. 

Oleh karena itu guna menjaga kondusifitas wilayah maka seluruh stakeholder yang terkait, para ulama dan tokoh masyarakat terkait lainnya hendaknya dapat menjaga solidaritas dan kerukunan di wilayahnya.

"Adanya kegiatan Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat mendukung bersama sama, bersatu padu dalam mencegah konflik sosial di lingkungan kita. Dalam ini Kodim 0703 Cilacap berupaya untuk deteksi dini dan cegah dini terhadap kemungkinan potensi konflik yang bisa terjadi di wilayah. TNI akan selalu hadir bersama rakyat, membangun dan melindungi masyarakat,"kata Dandim.

Sementara itu, dalam sambutan Asintel KASAD yang dibacakan oleh Kolonel Inf. R. Moch. Iskandarmanto, S.E mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0703 Cilacap atas kerjasama dan narasumber yang akan memberikan pembekalan dalam kegiatan Binkom Cegah Konflik Sosial.

"indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama dan bahasa, tentu rawan dengan konflik vertikal dan horizontal. Dalam setiap konflik yang terjadi maka pemerintah harus dapat meredam dan mencegah konflik sosial dan menjaga kondusifitas bersama sama,"ucapnya.

Tahun 2024, indonesia akan melaksanakan Pemilu dan Pilkada, pada hakekatnya pemilu merupakan sarana untuk memilih Presiden dan Pilkada untuk memilih Gubernur/Bupati, namun di tahun politik tingkat kerawanan konflik akan meningkat.

Konflik bukan bukan tanggung jawab Pemerintah saja, tetapi tanggung jawab bagi kita semua. Kegiatan Binkom Cegah Konflik Sosial di Kodim 0703/Cilacap menggunakan metode ceramah dan tanya jawab.

"Beberapa penekanan sebagai berikut, pertama, Segenap komponen bangsa harus menjaga persatuan dan kesatuan. Laporkan bila ada kegiatan yang menonjol kepada pihak yang berwenang khusus Aparat wilayah. Laksanakan kegiatan ini dengan semangat nanti dan sebagai sarana diskusi dan tanya jawab," pungkasnya.

 

(Oke)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar