Kamis, 02 Maret 2023

Program Ketahanan Pangan Kodim 0703 Cilacap, Tanaman Jagung Siap Panen


Cilacap - Jerih payah petani Desa Caruy tak sia sia karena tanaman jagung yang ditanam bersama Babinsa Kodim 0703 Cilacap di atas lahan milik TNI seluas 2,5 hektar kini sudah berbuah dan siap dipanen dalam waktu dekat, kamis (2/03/23).

Diketahui, Kodim 0703 Cilacap mencanangkan Program Ketahanan Pangan di wilayah Kecamatan Cipari yang berlokasi di Desa Caruy dengan total lahan seluas 5 hektar, sesuai arahan pimpinan TNI AD lahan tersebut diberdayakan untuk kegiatan Pertanian guna membantu kesulitan rakyat yang terdampak ekonomi akibat situasi global.

Diatas lahan tersebut telah ditanami beberapa komoditas pertanian diantaranya jagung dan kedelai dan telah menghasilkan profit yang menguntungkan masyarakat dalam beberapa masa panen.

Dijelaskan Koordinator Kegiatan Ketahanan Pangan wilayah Kecamatan Caruy dalam hal ini Danramil 11 Sidareja Kapten Inf Agus Wantoro terkait laporan perkembangan program Ketahanan Pangan Kodim 0703 Cilacap untuk tanaman Jagung varietas Jagung Hibrida R7 Red yang ditanam pada awal Desember tahun 2022.

"Tanaman jagung tersebut berada diatas lahan perbukitan seluas 2,5 hektar saat ini berumur 86 hari dengan ketinggian tanaman sekitar 160- 180 cm dan saat ini sudah berbuah dan rencana akan dipanen dalam waktu dekat atau kita rencanakan dalam minggu pertama bulan Maret 2023," jelasnya.

Untuk tanaman jagung yang ditanam tahap kedua ini hampir berbuah secara merata karena anomali cuaca sangat menguntungkan petani, dimana curah hujan sepanjang masa tanam sangat baik dan memenuhi pasokan air untuk memenuhi kebutuhan air bagi tanaman.

"Tantangan kita menanam di areal perbukitan adalah kurangnya pengairan dan tadah hujan, pentingnya air bagi bibit tanaman jagung terutama saat awal tanam harus benar benar cukup agar tumbuh subur. Kami sangat puas karena tanaman jagung saat ini sudah tumbuh sesuai harapan, dan semoga bisa segera kita panen dalam waktu dekat," tandasnya.

 

(Oke)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar