Rabu, 29 Maret 2023

Sosialisasi Pekerjaan Pembangunan Jaringan Irigasi


Cilacap - Peltu Endra Gunawan dari Koramil 14/Cimanggu menghadiri acara sosialisasi pekerjaan pembangunan jaringan Irigasi D.I. Cikawung tahun anggaran 2023 oleh PPK Irigasi dan Rawa, SNVT pelaksanaan jaringan pemanfaatan air, balai besar wilayah sungai Citanduy, yang dilaksanakan oleh penyedia jasa CV. Badia Karya, yang berlangsung di balai desa Bantarpanjang Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Rabu (29/3/23)

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut kepada bidang PSDA Kabupaten Cilacap Darwoko, S.T.MT., Kepala UPT PSDA Majenang Ahmad Subekti, S.T., Camat Cimanggu yang diwakili oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat Eko Budianto, SE., Kapolsek Cimanggu AKP Anwar, SH., Pjs Danramil 14/Cimanggu Peltu Endra Gunawan, Kades Bantar Panjang yang diwakili oleh Sekdes Riki Fambudi serta segenap warga masyarakat Desa Bantarpanjang.

Dalam kesempatan ini Kepala PSDA Kabupaten Cilacap Darwoko menjelaskan bahwa, rencana pekerjaan peningkatan jaringan irigasi di desa Bantar Panjang, yaitu di aliran sungai Cikawung.

"Adapun lingkup pekerjaan utamanya meliputi, galian tanah dengan alat, timbunan tanah dan pemasangan batu. Pekerjaan ini bertujuan untuk membuka saluran induk dari aliran sungai Cikawung sepanjang kurang lebih 950 meter, "terangnya.

Camat Cimanggu yang diwakili oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat Eko Budianto menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program pemerintah ini, kepada pihak PSDA Kabupaten Cilacap maupun Majenang atas sosialisasi dan rencana kerja yang telah diberikan. Kepada Forkopimcam yang telah memberikan masukan dan pemikiran untuk suksesnya program ini,"ujarnya.

"Seperti kita ketahui bahwa dengan akan dibangunnya irigasi ini nantinya untuk mempermudah para petani mendapatkan aliran air untuk bercocok tanam, maka dari itu kami berharap setelah dibangunnya nanti pihak desa dan masyarakat untuk menjaga dan merawatnya,"pungkasnya.

Sementara itu Peltu Endra Gunawan menyampaikan kepada pihak-pihak terkait agar nanti pada pelaksanaannya untuk melibatkan elemen masyarakat yang berkompeten, termasuk didalamnya tokoh masyarakat agar prosesnya berjalan sesuai yang diharapkan dan tidak ada permasalahan di kemudian hari,"ungkapnya.

Sosialisasi pengembangan jaringan irigasi ini, untuk meningkatkan kinerja jaringan irigasi, sehingga dapat meningkatkan fungsi layanan irigasi serta meningkatkan produktivitas padi dan tanaman palawija lainnya, melalui penambahan luas areal tanam untuk kesejahteraan masyarakat,"ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi pekerjaan jaringan irigasi aliran sungai Cikawung juga diadakan sesi tanya jawab dan diskusi, semua peserta sepakat akan manfaat yang didapatkan dari peningkatan jaringan irigasi tersebut, juga berkomitmen untuk menjaga dan merawatnya. Kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar dan aman serta penuh kekeluargaan.

 

(R14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar