Jumat, 06 Januari 2023

Babinsa Berikan Pembekalan Dan Pelatihan Linmas


Cilacap - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 14/ Cimanggu Kodim 0703/Cilacap Sertu Kusni bersama Bhabinkamtibmas Polsek Cimanggu Bripka Praja, memberikan pembekalan dan pelatihan terhadap Linmas di Balai Desa Bantarpanjang Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Jumat (06/1/23)

Hadir dalam kegiatan tersebut Kades Bantarpanjang Sataryo, S.Pd,. Babinsa Koramil 14/Cimanggu Sertu Kusni, Bhabinkamtibmas Polsek Cimanggu Bripka Praja, Perangkat Desa Bantarpanjang dan Anggota Linmas Sebanyak 16 orang.

Ditempat yang berbeda, Danramil 14/Cimanggu Kodim 0703/Cilacap Peltu Endra Gunawan mengatakan bahwa "Kegiatan ini sebagai wujud sinergitas Babinsa bersama Bhabinkamtibmas, memberikan pembekalan dan pelatihan Linmas di Desa Bantarpanjang, kegiatan ini juga sebagai wujud kekompakan TNI dan Polri dalam pembinaan terhadap masyarakat,”ungkapnya.

Danramil juga menjelaskan tentang materi pembekalan dan pelatihan yang disampaikan, yaitu tugas pokok Linmas, selain itu juga diberikan pengetahuan dan pelatihan dasar baris-berbaris, gerakan pengaturan lalu lintas serta yel-yel sebagai penyemangat. Dilakukan juga pengecekan sikap, penggunaan seragam Linmas yang baik dan benar sebagai identitas pada saat melaksanakan tugas atau kegiatan di Desa.

"Pembekalan dan pelatihan Linmas dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan Linmas di masing-masing Desa. Harapannya Linmas bisa melaksanakan tugas pengamanan, ketertiban dan menjalankan kegiatan di Desa dengan baik, "pungkasnya.

Babinsa Bantarpanjang Sertu Kusni menjelaskan bahwa, garis besar tugas Linmas adalah membantu dalam penanggulangan bencana, membantu pengamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat serta membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di desa.

"Selain itu juga membantu dalam upaya pertahanan Negara, Linmas yang lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil atau Hansip ditambahkan juga materi disiplin dan semangat Bela Negara. Linmas merupakan bagian dari masyarakat yang harus bisa memberikan contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat Bela Negara, "tegas Babinsa.

Bripka Praja dari Polsek Cimanggu menambahkan bahwasanya Linmas sebagai ujung tombak aparat di pemerintah desa, kami berharap agar anggota Linmas bisa bekerjasama dengan pihak Forkopimcam, karena kita sebagai mitra dilapangkan. 

"Kita dengan perangkat Desa adalah mitra, khusus anggota Linmas saya berharap bisa bekerjasama, baik dengan pihak Koramil, Polsek dan Satpol PP Kecamatan untuk keamanan, ketentraman dan ketertiban di masyarakat,"ujarnya.

Sementara itu Kades Bantarpanjang Sataryo menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Koramil dan Polsek yang telah memberikan pembekalan dan pelatihan kepada Linmas. Dengan adanya kegiatan ini, Anggota Linmas di wilayahnya bisa menambah kemampuan dan wawasannya. "Adanya pelatihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan Linmas, sehingga diharapkan para anggota Linmas nantinya dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan fungsi dan perannya,"pungkasnya.

 

(R14)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar