Rabu, 04 Januari 2023

Upaya Pencegahan Stunting Sejak Dini, Babinsa Laksanakan Pendampingan Pentak


Cilacap - Dalam rangka upaya pencegahan stunting sejak dini yaitu dari usia bayi dan Balita, Babinsa Kedungwadas Koramil 09/Kawunganten Kopda Tri Wahyono melaksanakan kegiatan Pendampingan Penimbangan Serentak (Pentak) bagi bayi dan Balita yang dilaksanakan di Posyandu Kartikasari IV Dusun Kedungwadas RT 1 RW 4 Desa Kedungwadas Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Rabu (4/1/2023).

Selain Babinsa, kegiatan pendampingan juga dilaksanakan oleh Pemerintah Desa yang diwakili Sekdes Haerul Anam dan Ketua TP. PKK Desa Kedungwadas Siti Rukiyah. Petugas pelaksana kegiatan terdiri dari Bidan Desa Kedungwadas Indah Partiwi, Amd. Keb serta Kader Posyandu Kartikasari IV.

Babinsa Kedungwadas Koramil 09/Kawunganten Kopda Tri Wahyono dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan Pentak diikuti 24 bayi dan balita yang ada di wilayah Posyandu Kartikasari IV. Pentak merupakan salah satu upaya dari Pemerintah guna pencegahan stunting sejak dini yang diawali sejak usia bayi dan balita dengan harapan dapat dideteksi sejak dini dan cegah dini bila timbul gejala stunting.

"Dengan adanya penimbangan berat badan, tinggi badan maupun lingkar kepala diharapkan tumbuh kembang bayi dan balita dapat terpantau sehingga bila terdeteksi adanya gejala stunting segera ditindaklanjuti dengan pemberian vitamin maupun makanan tambahan", jelasnya.

Selain itu, kegiatan penimbangan secara rutin setiap bulan juga bisa untuk memantau kondisi kesehatan bayi/balita, selain untuk pemberian vitamin, pelaksanaan imunisasi lengkap maupun untuk mendapatkan informasi tentang gizi yang disampaikan oleh Bidan Desa.

"Semoga dengan kegiatan ini, angka stunting di Desa Kedungwadas dapat terus berkurang", harap Tri Wahyono.

 

(R09/Pendim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar