Minggu, 29 Januari 2023

Danramil Hadiri Pesta Pramuka Siaga Kwarran Cimanggu


Cilacap - Pgs Danramil 14/Cimanggu Kodim 0703/Cilacap, Peltu Endra Gunawan menghadiri pembukaan Pesta Pramuka Siaga Kwartir Ranting Cimanggu Tahun 2023, yang diselenggarakan di halaman Pendopo Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Sabtu (28/1/23).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Cimanggu Bambang Tutuko, S.Sos. M.Si., Kapolsek Cimanggu AKP Anwar, SH., Pgs Danramil 14/Cimanggu Peltu Endra Gunawan, Korwil Bidik Cimanggu Eko Sartono, S.Ag., M.M., Bunda Mabiran Aida Bambang Tutuko, Kepala Sekolah SD/MI se-Kecamatan Cimanggu,
Peserta Pesta Siaga dari 61 Sekolah se-Kecamatan Cimanggu.

Dalam sambutannya Aida Bambang Tutuko sebagai Bunda Mabiran menyampaikan bahwa kegiatan pesta siaga ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka baik tingkat Ranting, Cabang maupun tingkat Pusat.

"Pesta Siaga merupakan sarana pembelajaran bagi anggota Pramuka Siaga, sekaligus untuk berlatih mandiri di kehidupan yang sesungguhnya, baik di kehidupan keluarga, sekolah maupun di masyarakat,"ungkapnya.

Bunda berpesan "untuk senantiasa menjaga kebersamaan, kerukunan, persaudaraan serta kekompakan diantara kalian. Boleh bersaing dalam berprestasi, namun harus tetap mengedepankan silaturahmi,"tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Cimanggu Bambang Tutuko menyampaikan bahwa momentum seperti ini adalah saat-saat membahagiakan bagi anak-anak, karena mereka nanti akan saling bertemu, saling mengenal antara gugus satu dengan gugus yang lain, sekolah satu dengan sekolah yang lain, serta sebagai media untuk mencari teman sebanyak mungkin.

"Pesta Siaga ini sebagai ajang untuk berkompetisi secara sportif untuk meraih hasil yang maksimal dalam menuju pesta siaga tingkat yang lebih tinggi, yaitu tingkat Kwarcab Kabupaten,"jelasnya.

Danramil 14/Cimanggu selaku Mabiran di Cimanggu menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan pesta siaga ini, adalah sebagai media yang tepat, yang mampu memupuk rasa Nasionalisme dan Wawasan Kebangsaan bagi generasi muda, seperti kita ketahui bahwa Pramuka Siaga adalah sebutan bagi anggota Pramuka yang masih berumur 7 sampai dengan 10 Tahun. Pada usia dini tersebut pola pendidikan karakter akan sangat mudah diterima anak-anak.

"Peran pembimbing dan pembina Pramuka sangat diharapkan untuk terus berupaya mengaktualisasikan seluruh kompetensinya, sehingga mampu menjadikan Pramuka kita sebagai generasi muda yang unggul, tangguh, tanggon, disiplin, berani, mandiri dalam menghadapi realita kehidupan pada Era sekarang ini, "ujarnya.

(R14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar