Minggu, 29 Januari 2023

Babinsa Hadiri Pentas Seni Kuda Lumping di Taman Sari Rasa Sampang


Cilacap - Anggota Koramil 07/Maos Sertu Tofik dan Sertu Raidi melaksanakan pemantauan dan pengamanan Pentas Seni Kuda Lumping yang dilaksanakan di Dusun Randegan tepatnya di taman Sari Rasa Karangjati Sampang, Kabupaten Cilacap, Minggu (29/01/2023).

Babinsa mengatakan bahwa kesenian kuda lumping atau kerap yang disebut jaran kepang merupakan salah satu seni tradisional Jawa yang menggambarkan sekelompok Prajurit Penunggang Kuda. Yang digunakan dalam tarian ini  terbuat dari bambu yang dianyam dan dibentuk menyerupai kuda.

“Pertunjukan kuda lumping ini menjadi hiburan tersendiri bagi warga dusun Randegan, terbukti kesenian asli jawa ini ditonton oleh ratusan warga karangjati dan sekitar,”ungkapnya.

“Terlihat pula sejak pagi para penonton hingga penjual makanan dan minuman ringan memadati lokasi. Kemeriahan pun semakin terasa saat beberapa pemain kuda lumping memulai aksinya,”imbuh Babinsa.

Untuk menjaga situasi tetap tertib dan aman serta nyaman bagi penonton, Babinsa dan Babinkamtibmas bersama pemerintah setempat sebelum kegiatan dimulai juga melakukan koordinasi dengan ketua panitia maupun ketua kesenian kuda lumping untuk menyampaikan himbauan Kamtibmas supaya ikut menjaga agar situasi tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

(R07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar