Senin, 30 Januari 2023

Pemberian Makanan Tambahan Balita, Jurus Jitu Turunkan Stunting


Cilacap - Upaya penanganan Stunting di wilayah binaannya terus dilakukan Babinsa Pesawahan Koramil 04/Binangun, Kodim 0703 Cilacap Sertu Guntar dengan aktif mendampingi kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi Balita di Desa Pesawahan, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Senin (30/01/2023).

Kegiatan Pemberian Makanan Tambahan juga dihadiri oleh Aparat Desa Pesawahan, Bidan Desa Pesawahan Susi Trisnawati, Amd. Keb, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Pesawahan Rusiati, Babinsa Pesawahan Sertu Guntar, SKD (Sub Klinik Desa) Desa Pesawahan Riya Rahayu dan Kader Posyandu desa setempat.

Sertu Guntar mengungkapkan di wilayah binaannya masih terdapat anak balita dengan resiko stunting meskipun jumlahnya sedikit. Namun demikian upaya membantu pemerintah dalam upaya percepatan penanganan stunting terus dilakukan sampai tak ada lagi balita yang mengalami Stunting.

Upaya tersebut adalah dengan memperbaiki pola makan anak dan melakukan pemberian makanan tambahan bagi mereka. Hal itu bertujuan meningkatkan kualitas nutrisi dengan menambah asupan gizi bagi anak balita.

"Adapun makanan tambahan yang diberikan berupa nasi, cah sayur pakcoy, bakso, wortel, udang goreng tepung, bacem tempe, susu UHT coklat dan buah semangka," ungkapnya.

Babinsa berharap dengan adanya Pemberian Makanan Tambahan ini dapat menjadi jurus jitu dalam membantu memulihkan anak yang termasuk kategori berisiko stunting, kemudian dapat kembali tumbuh dengan sehat sesuai masa tumbuh kembangnya.

"Kita sepakat bahwa PMT itu penting untuk pemulihan gizi anak-anak baik yang mengalami stunting maupun yang berisiko stunting, sebagai upaya untuk memastikan tumbuh kembang anak anak Balita agar sesuai dengan umurnya. Diharapkan dengan PMT tersebut dapat memperbaiki gizi Balita dan mampu menurunkan angka stunting secara umum di Indonesia," harapnya.

(Oke)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar